5 Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan Pada Teks

Beberapa orang berpendapat mengenai pengertian teks adalah sebuah media untuk mengungkapkan sebuah peristiwa atau apa saja secara komunikatif. Teks sendiri pada dasarnya dibagi ke dalam beberapa jenis dan setiap jenis memiliki ciri-ciri, struktur kalimat dan kriteria tertentu yang berbeda-beda.

Pada setiap teks bacaan pastinya terdapat ide pokok atau gagasa utama yang menjadi pusat atau inti sebuah teks bacaan. Ide pokok juga memiliki pengertian sebagai kandungan yang terdapat dalam sebuah bacaan yang dapat diambil oleh pembaca. Apa itu ide pokok? berikut informasi lengkapnya.

Apa itu ide pokok?

Ide pokok atau juga bisa disebut sebagai ide utama, gagasam pokok, ataupun gagasan utama adalah sebuah hal yang mendasari atau menjadi inti dari sebuah paragraf bacaan. Ide pokok sendiri.


Ide pokok memiliki 4 macam sifat, yaitu bersifat Deduktif (di awal paragraf, Ineratif (di tengah paragraf), Induktif (di akhir paragraf), dan Campuran (di awal dan akhir paragraf). Lalu bagaimana cara menentukan ide pokok paragraf dari suatu bacaan?

Carana sebenarnya adalah dengan cukup membaca dengan seksama teks tersebut, dan biasanya ide pokok yang paling sering muncul dalam teks/paragraf. Nah, untuk lebih lengkapnya mengenai ide pokok bisa diliat dibawah ini.

Cara menentukan ide pokok Bacaan

Langkah-langkah menentukan ide pokok dalam suatu bacaan adalah sebagai berikut.
  1. Membaca teks bacaan dengan seksama.
  2. Membaca teks bacaan tersebut dengan cermat.
  3. Mencari kalimat utama dari bacaan tersebut.
  4. Mengubah kalimat utama tersebut menjadi kalimat yang lebih kompleks.
  5. Menentukan ide pokok pada kalimat utama.

Biasanya ide pokok pada suatu bacaan terdapat pada kalimat utama. Jadi, cara menentukan ide pokok pada dasarnya adalah mencari "topik" yang sering di bicarakan dan yang paling banyak berkaitan dengan kata-kata "ini, itu, tersebut".

Contoh Ide Pokok Bacaan

Berikut contoh teks bacaan yang terdapat ide pokok paragraf.
Ani merupakan gadis yang baik. dia selalu membantu ibu nya dalam hal memasak maupun membersihkan rumah. Hal ini yang membuat ibu sayang kepada Ani. Selain itu, Ani juga tak lupa membantu ayah. Selain baik, Ani juga pintar.
Untuk kata yang diberi warna merah, itu mengarah ke kalimat awal "Ani merupakan gadis yang baik" jadi ide pokok nya ada di awal paragraf.

Nah, itulah bagaimana cara menentukan atau menemukan ide pokok dalam suatu bacaan dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "5 Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan Pada Teks"

Post a Comment