Al-'Alim Artinya (Yang Maha Mengetahui) Asmaul Husna

Al Alim Artinya? Asmaul husna merupakan nama-nama Allah yang baik dan indah sesuai dengan sifatnya. Nama-nama Allah yang baik lagi indah tersebut biasa disebut dengan Asmaul Husna yang jumlahnya terdapat 99 yang wajib untuk diketahui.

Salah satu nama-nama yang ada di dalam asmaul husna adalah Al-'Alim yang memiliki arti bahwa Allah Swt. Yang Maha Mengetahui segala hal. Maha mengetahui disini, yaitu yang tampak atau yang bersifa gaib. Pengetahuan Allah Swt. tidak hanya terbatas oleh ruang dan waktu, melainkan segala aktivitas yang dilakukan oleh semua makhluk diketahui oleh Allah Swt.

Baca: Al-Basir Artinya (Yang Maha Melihat) Asmaul Husna

Bahkan, peristiwa yang belum atau akan terjadi pun sudah diketahui oleh Allah Swt. Dengan kata lain, bahwa Allah Swt. memiliki pengetahuan yang tanpa batas.

Al-Alim Artinya Yang Maha Mengetahui

Dalam asmaul husna Al-'Aliim (اَلْعَلِيْمُ) memiliki arti "Yang Maha Mengetahui (Memiliki Ilmu)" yang memiliki makna bahwa Allah Swt. adalah satu-satunya Dzat yang Maha Mengetahui segala-galanya, baik itu yang tampak (terlihat oleh mata) maupun yang gaib (tidak kasat mata).


Al-'Alim artinya Allah Swt. Maha Mengetahui segala sesuatu sebelum dan sesudah sesuatu itu ada. Tidak ada satu pun di bumi dan langit yang dapat bersembunyi dari penglihatan Allah Swt. Segala sesuatu yang dekat maupun yang sangat jauh sekalipun dapat dilihat-Nya.

Ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh Allah Swt. tidak terbatas hanya pada waktu, ruang, dan segala aktivitas yang dilakukan oleh hambanya. Namun, segala sesuatu yang belum terjadi pun sudah diketahui oleh Allah Swt. dengan mudahnya. Untuk lebih kelasnya mengenai Al'alim bisa dilihat dalil dibawah ini.

Dalil yang menunjukkan bahwa Allah Swt bersifat Al-'Alim

Perhatikan firman Allah Swt. dalam Surat Al-An'am Ayat 59.

وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَا إِلَّا هُوَ ۚ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ ۚ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِي ظُلُمَاتِ الْأَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَلَا يَابِسٍ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Artinya: Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz). (Q.S. Al-An’am,6: 59)

Tafsir Surat Al-'An'am Ayat 59

Pengetahuan Allah bukan hanya menyangkut siapa yang zalim seperti pada ayat sebelumnya, namun juga lebih dari itu. Dan kuncikunci semua yang gaib ada pada-Nya; tidak ada yang mengetahui secara detail dan jelas selain Dia. Dia juga mengetahui segala apa yang ada di darat dan apa yang ada di laut. Bahkan, tidak ada sehelai daun pun yang gugur atau yang lebih dari itu yang tidak diketahui-Nya. Mungkin ada yang menduga pengetahuan Allah hanya menyangkut apa yang di permukaan bumi saja, itu salah, karena tidak ada sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak pula sesuatu yang basah atau yang kering, baik yang telah, sedang, atau akan terwujud, melainkan diketahui-Nya dan tertulis dalam Kitab yang nyata. (Tafsir oleh Kemtrian Agama RI)

Perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan bahwa Allah Swt. Al-'Amiin adalah kita harus terus mencari ilmu-ilmunya Allah Swt. dengan cara belajar terus dan merenung ciptaan Alah Swt. Tapi perlu diingat bahwa kita tidak boleh merasa diri kita yang paling pintar atau pandai. Orang yang berilmu harus tetap rendah hati seperti halnya tanaman padi, yang semakin berisi semakin merunduk. Sekian dan semoga bermafaat.

Share this :

0 Response to "Al-'Alim Artinya (Yang Maha Mengetahui) Asmaul Husna"

Post a Comment