Al-Aziz Artinya (Yang Maha Perkasa) Asmaul Husna

Al Aziz artinya? Allah Swt. memiliki banyak nama indah dan baik yang terdapat dalam Asmaul Husna yang jumlahnya ada 99 nama. Secara harfiah asmaul husna adalah nama-nama Allah Swt. yang baik sesuai dengan sifatnya. Nama-nama Allah Swt. yang baik lagi indah tersbeut berasal dari surat dan ayat yang terdapat dalam Al-Qur'an.

Salah satu sifat Allah Swt. yang terdapat dalam asmaul husna dan banyak terdapat di Al-Qur'an adalah Al-A'ziiz. Lalu apa arti dari Al-Aziz salah satu nama Allah Swt. yang terdapat dalam asmaul husna. Berikut penjelasna lengkapnya.

Al-Aziz Tulisan Arab dan Artinya

Al-Aziz (الْعَزِيزُ) merupakan salah satu nama Allah Swt. yang ada di dalam asmaul husna yang artinya Yang Maha Perkas, nama tersebut menunjuk pada pengertian kekuatan, ketinggian, hegemoni, dan mengendalikan. Al-'Aziz adalah nama Allah Swt yang menunjukkan keperkasaan. Keperkasaan-Nya tidak mampu untuk diukur oleh manusia atau makhluk lainnya.


Al-'Aziz terdapat dalam firman Allah Swt. dalam Surat Al-Baqarah Ayat 129 yang menunjukkan bahwa diriNya yang memiliki Maha Keperkasaan dan Maha Bijaksana, yaitu berbunyi sebagai berikut:

إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya: “Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Sedangkan di dalam hadits diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَفَاةً عُرَاةً غُرْلاً كَمَا خُلِقُوا…. فَأَقُوْلُ كَمَا قَالَ الْعَبْدُ الصَّالِحُ: إِنْ تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ وَإِنْ تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ


Artinya: “Manusia dikumpulkan di Hari Kiamat dalam keadaan tidak beralas kaki, telanjang dan tidak dikhitan sebagaimana dahulu mereka diciptakan.Maka aku mengatakan seperti yang dikatakan seorang hamba yang shalih: Jika engkau siksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu dan jika Engkau ampuni mereka, sesungguhnya Engkau adalah Al-Aziz (Maha Perkasa) dan Maha Bijaksana. (Shahih, HR. At-Tirmidzi dalam Kitab Shifatul Qiyamah Bab Ma Ja`a fi Sya`nil Hasyr no. 2423. Asy-Syaikh Nashiruddin Al-Albani mengatakan: Shahih)
Baca: Al-Wahhab Artinya (Yang Maha Pemberi Karunia) Asmaul Husna
Selain terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 129, nama Al-Aziz juga terdapat dalam surat Surat Al-Hasyr Ayat 23, yang di dalamnya juga terdapat nama lainnya seperti Al-Quddus, As-Salaam, Al-Mu'min dan masih banyak lagi, berikut bunyinya.

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya: Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Manfaat Mengamalkan Nama Al-'Aziz

Sering membaca asmaul-husna dan mengamalkan sifat Al-'Aziz memiliki pengaruh pada diri seorang hamba. Nama Al-Aziz membuahkan sikap tunduk kepada Allah Swt. dan tidak mungkin bagi makhluk untuk melakukan sesuatu untuk memerangi Allah Swt., seperti melakukan riba atau merampok. Karena kedua hal tersebut adalah salah satu bentuk memerangi Allah Swt. sebagaimana terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 279 dan Al-Ma‘idah ayat 33.
Baca: Al-Bashir Artinya (Yang Maha Melihat) Asmaul Husna
Nama Al-Aziz juga membuahkan sifat mulia dalam diri seorang mukmin dalam berpegang dengan agamanya, sehingga ia akan mulia di hadapan orang-orang kafir, merendah di hadapan mukminin. Selain itu, nama ini juga bisa membuahkan sikap selalu memohon kepada Allah Swt. dari segala kejahatan dan musuh, karena Dia-lah yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa.

Nah, itulah salah satu nama Allah Swt. dalam asmaul husna (Al-Aziz) yang memiliki arti Yang Maha Perkasa, beserta ayat Al-Qur'an dan hadits Nabi. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai salah satu nama di dalam asmaul husna dan semoga bermanafaat.

Share this :

0 Response to "Al-Aziz Artinya (Yang Maha Perkasa) Asmaul Husna"

Post a Comment