Al-Bashir Artinya (Yang Maha Melihat) Asmaul Husna

Al-Basir Artinya? Allah Swt. memiliki nama yang baik dan Indah yang jumlahnya ada 99 nama yang terdapat dalam Al-Qur'an. Nama-nama tersebut biasa disebut dengan Asmaul Husna yang terdiri dari 99 nama yang baik nan indah. Asmaul husna terdiri dari dua kata, yaitu Asma yang memiliki arti nama, dan husna yang memiliki arti baik. Salah satu nama Allah yang baik lagi indah adalah Al-Basir.

Salah satu nama tersebut adalah Al-Basir yang memiliki arti Maha Melihat. Tidak ada satu pun di alam semesta ini yang luput dari pengawasan dan penglihatan Allah Swt. Bahkan semut pun yang berjalan di atas bumi tidak terlepas dari Penglihatan-Nya. Pangan Allah Swt. tidak terbatas hanya yang ada di bumi atau langit saja, melainkan yang ghaib dan zahir pun bisa dilihatnya. Oleh karena itu Allah memiliki nama lain Al-Bashiir.

Al-Basir Artinya Apa?

Al-Bashiir (الْبَصِيرُ) dalam Asmaul Husna memiliki arti "Yang Maha Melihat". Allah Swt. Maha Melihat segala sesuatu walaupun itu sangat lembut dan kecil. Allah Swt. bisa melihat apa saja yang ada di langit dan bumi, bahkan di seluruh alam semesta ini dapat dipantau.

Perhatikan firman Allah Swt. berikut.

إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Latin: Innallāha ya'lamu gaibas-samāwāti wal-arḍ, wallāhu baṣīrum bimā ta'malụn

Artinya: Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ghaib di langit dan bumi. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Hujurat Ayat 18)

Dalam ayat tersebut memiliki isi kandungan bahwa Allah Swt. sesungguhnya mengetahui hal yang ghaib yang ada di langit dan di bumi, tidak ada sesuatu pun yang samar bagiNya. Allah Maha Melihat amal-amal kalian, dan Dia akan membalas kalian atasnya, bila baik maka baik, bila buruk, maka buruk.


Maha Melihat merupakan salah satu sifat Allah Swt. dalam asmaul husna yitu Al-Bashiir. Sifat Allah Swt. yang Maha Melihat Ini masih berkaitan dengan sifat Allah lainnya dalam asmaul husna, seperti Al-'Aliin yang memiliki arti Yang Maha Mengetahui.

Oleh karena itu, Allah Swt. adalah Dzat Yang Maha Melihat, Maha Mengetahui, dan semua ketetapan yang diputuskan adalah Maha Adil (Al-Adl) sesuai dengan apa yang semestinya diperoleh. Sifat Allah yang Maha Melihat ini dapat dijumpai dalam beberapa Ayat dalam Surat di Al-Qur'an, diantaranya sebagai berikut.

Al-Basir dalam Ayat Al-Qur'an

Selain dalam surat Al-Hujurat Ayat 18, nama Al-Bashiir dalam Al-Qur’an disebut setidaknya sebanyak 42 kali. Diantaranya adalah sebagai berikut.

وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya: "Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Baqarah: 233)

وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ

Artinya: "Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya." (QS. Ali Imran: 15, 20)

وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ ۚوَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya: "Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Hadid: 4)

مَا يُمْسِكُهُنَّ إِلَّا الرَّحْمَٰنُ ۚإِنَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ بَصِيرٌ

Artinya: "Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu." (QS. Al-Mulk: 19)

Contoh Perilaku Al-Basir dalam Kehidupan Sehari-hari

Beberapa contoh perilaku dalam meneladani sifat Asmaul Husna Al-Basiir, antara lain :
  1. Tidak apatis atau tidak acuh tak acuh apabila melihat orang lain sedang menderita atau membutuhkan pertolongan.
  2. Mengamati seluruh benda-benda yang ada di alam semesta ini baik gunung, laut, matahari, dsb guna menambah keimanan serta ketakwaan kita terhadap Allah Swt.
  3. Berhati-hati dalam bertindak walaupun sedang sendiri, sebab Allah mampu mengawasi hambanya walaupun dibalik gunung sekalipun.
  4. Menjaga titipan Allah berupa mata dengan cara tidak melihat hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.
  5. Menghabiskan waktu untuk membaca, menghafal, mentadaburi, serta mengamalkan ayat-ayat Al-Quran.
  6. Memperhatikan dan menyimak pembelajaran yang diberikan oleh guru kita dengan sebaik mungkin.

Berdasarkan penjelasan mengenai Al-Basir dalam Asmaul Husna di atas, maka kita cukup dengan mengetahui Allah itu Al-Bashiir membuat kita semakin takut berbuat maksiat. Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Al-Bashir Artinya (Yang Maha Melihat) Asmaul Husna"

Post a Comment