Al-Wahhab Artinya (Yang Maha Pemberi Karunia) Asmaul Husna

Al Wahhab Artinya? Asmanul husna merupakan nama-nama yang baik sekaligus indah dari Allah Swt. Nama-nama indah tersebut jumlahnya ada 99 yang diambil langsung dari kita suci Al-Qur'an yang masing-masing nama menggambarkan sifat Yang Maha Sempurna-Nya.

Sebenarnya jumlah dari Asmaul Husna masih diperselisihkan, ada sebagian ulama yang menyebut bahwa jumlahnya ada ribuan, ada yang menyebut ratusan, dan ada yang menyebut puluhan saja. Namun, pendapat terkuat menyebutkan bahwa Asmaul husna berjumlah 99 yang wajib untuk diketahui.


Asmaul Husna Artinya?

Al-Wahhab (الْوَهَّابُ) merupakan salah satu nama Allah Swt. dalam asmaul husna yang artinya Yang Maha Pemberi Karunia. Kata karunia memiliki arti belas kasih, anugerah, dan lain sebagainya. Nama Al-Wahhab diambil dari kata dasar "wahaba" yang memiliki arti "memberi" dan" memberi sesuatu tanpa imbalan."

Al-Wahhab artinya Allah Swt. memberi hamba-Nya kerunia yang banyak sekali. Dia memberi tanpa diminta dan tanpa meminta balasannya. Sebagaimana firman Allah Swt. dalam Surat Shad ayat 35.

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Arab Latin: Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba'dī, innaka antal-wahhāb

Artinya: Ia berkata: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi". (Q.S. Shad Ayat 35)

Makna lafadz Al-Wahhad adalah bahwa pada hakikatnya tidak mungkin tergambar dalam benak yaitu mengenai adanya yang memberi, siapapun yang membutuhkan tanpa mengharap imbalan dan tujuan duniawi atau akhirat, kecuali Allah Swt.

Karena siapa yang memberi disertai dengan tujuan duniawi atau akhirat, baik tujuan itu berupa pujian, menghindari celaan atau mendapatkan kehormatan, dia bukanlah 'Wahhab'. Makhluk tidak mungkin memberi secara berkesinambungan sedang Allah Swt. dapat memberi secara berkesinambungan dan tanpa batas.

Ayat Al-Qur'an Mengenai Al-Wahhab

Selain terdapat dalam surat Shad ayat 35, Al-Wahhab juga terdapat dalam surat Ali-Imran Ayat 8 sebagai berikut.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Arab Latin: Rabbanā lā tuzig qulụbanā ba'da iż hadaitanā wa hab lanā mil ladungka raḥmah, innaka antal-wahhāb

Artinya: (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)". (Q.S. Ali-Imran, 3: 8)

Tafsir Surat Ali-Imran Ayat 8

Menggunakan akal semata akan membuat seseorang mudah tergelincir. Oleh karenanya, orang-orang yang mendalam ilmunya dan mantap imannya selalu berdoa, "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan sebagaimana halnya mereka yang mencaricari takwil ayat-ayat mutasyabih untuk menimbulkan keraguan, setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat yang mencakup segala jenis dan macamnya, antara lain berupa kemantapan iman, ketenangan batin, kemudahan dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan. Rahmat itu bersumber dan langsung dari sisi-Mu, turun secara berkesinambungan dan tanpa mengharap imbalan apa pun, sebab sesungguhnya Engkau Maha Pemberi." (Tafsir oleh Kementrian Agama RI)

Karena Al-Wahhab termasuk salah satu nama Allah Swt. dalam asmaul husna, maka kita wajib hukumnya menjadikan Al-Wahhab sebagai teladan dalam berperilaku sehari-hari.

Share this :

0 Response to "Al-Wahhab Artinya (Yang Maha Pemberi Karunia) Asmaul Husna"

Post a Comment