Home » Doa » Allahumma Shoyyiban Nafi’an Arab dan Artinya

Allahumma Shoyyiban Nafi’an Arab dan Artinya

1 min read

Allahumma Shoyyiban Nafi’an – Bagi sebagian orang ketika turun hujan adalah sesuatu yang cukup menganggu dan bisa membuat perasaan gelisah. Karena aktivitas yang umumnya dilakukan di luar ruangan tidak bisa dilakukan, karena terjadinya hujan tersebut. Umumnya banyak orang yang mengeluh jika terjadinya hujan, seperti pakaian yang dijemur tidak kering dan sebagainya.

Namun, tahukah Anda bahwa saat turun hujan merupakan waktu yang sangat tepat atau bahkan waktu emas untuk berdoa. Sebab saat hujan turun adalah saat mustajabnya doa, artinya do’a semakin mudah untuk terkabulkan.

Oleh karena itu, banyak orang berdoa ketika sedang turun hujan. Salah satu bacaan doa ketika turun hujan singkat yang baik untuk diucapkan adalah Allahumma Shoyyiban Nafi’an. Lalu apa arti dari doa singkat tersebut? berikut penjelasannya!

Allahumma Shoyyiban Nafi’an Tulisan Arab dan Artinya

Allahumma shoyyiban nafi’an adalah potongan hadits yang memiliki arti “Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”. Kalimat tersbeut merupakan doa yang sangat amat baik dibaca ketika turun hujan, yaitu memohon diturunkannya hujan yang bermanfaat. Doa yang dipanjatkan tersebut adalah:

Doa Ketika Turun Hujan :

  اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
“Allahumma shoyyiban nafi’an”
Artinya : “Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”

Doa tersebut dipanjatkan Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan. Hal ini berdasarkan hadits dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ  اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
Artinya: “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”.  (HR. Bukhari no. 1032)

Baca: Allahumma Yassir Wala Tu’assir Tulisan Arab dan Artinya

Ibnu Baththol juga mengatakan bahwa hadits tersebut berisi anjuran untuk berdoa ketika turun hujan agar mendapat kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu juga semakin banyak kemanfaat yang di dapat.

Al Khottobi mengatakan, “Air hujan yang mengalir adalah suatu karunia.”

Setelah mengetahui penjelasan di atas, semoga semakin membuat Anda bersyukur atas karunia Allah Swt. berupa turunnya hujan, bukannya malah mengeluh ini itu. Manfaatkan moment turun hujan tersebut untuk memanjatkan doa dan memohon segala hajat kepada Allah Swt. menyangkut urusan dunia dan akhirat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Referensi: www.rumaysho.com

Allahumma Yassir Wala Tu’assir Tulisan Arab dan Artinya

Kalimat Allahumma yassir wala tu’assir merupakan sebuah kalimat dalam bahasa Arab yang banyak ditemui dalam sosial media, dan juga status story sebagian orang. Biasanya...
Admin Admin
1 min read

Tulisan Astaghfirullahaladzim Arab dan Artinya

Astaghfirullahaladzim dalam bahasa Arab merupakan bacaan yang sangat penting dalam agama Islam dan sangat dianjurkan, karena manusia pada dasarnya tidak terlepas dari yang namanya...
Admin Admin
1 min read

Qadarullah Wa Maa Syaa a Fa’ala Arab dan Artinya

Qadarullah Wa Maa Syaa a Fa’ala – Apa yang harus dilakukan atau diperbuat jika seorang muslim tertimpa sesuatu yang tidak diinginkan, seperti duka berkepanjangan,...
Admin Admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *