Allahumma Yassir Wala Tu'assir Tulisan Arab dan Artinya

Kalimat Allahumma yassir wala tu'assir merupakan sebuah kalimat dalam bahasa Arab yang banyak ditemui dalam sosial media, dan juga status story sebagian orang. Biasanya kalimat yang digunakan oleh orang untuk status media sosial mereka memiliki makna atau arti di dalamnya yang sangat baik dan bagus untuk dibagikan.

Kalimat tersebut memiliki arti "Ya Allah permudahlah urusankan dan jangan Engkau persulit". Lalu apakah kalimat tersebut pantas diucapkan atau digunakan untuk doa kita kepada Allah Swt? Karena pada kalimatbacaan tersebut memiliki arti "Jangan Engkau Persulit" di dalamnya yang terkesan mengancam.

Akan tetapi, pada dasarnya Allah Swt. tidak akan pernah mempersulit urusan hambanya dalam menjalankan kebaikan, dan Allah Swt. tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan hambanyaa tersbebut.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai arti dan makna mengenai kalimat kalimat Allahumma yassir wala tu'assir dan bagaimana hukumnya. Berikut informasinya.

Makna Allahumma Yassir Wala Tu'assir dan Artinya

Kalimat (اللهم يسر و لا تعسر) Allahumma Yassir Wala Tu'assir memiliki arti "Ya Allah Permudahkan Urusanku, Jangan Engkau Persulit". Kalimat ini merupakan doa yang cukup banyak diucapkan dan dibaca oleh sebagian orang dengan tujuan agar urusannya selama di dunia dimudahkan oleh Allah Swt.


Maksud dari kalimat tersebut adalah supaya Allah membukakan pintu kemudahan dan menutup pintu kesulitan dari setiap permasalahan yang sedang merudung kehidupan kita. Namun, sebagian ulama berpendapat bahwa kalimat doa ini kurang tepat digunakan, sebab di dalamnya memiliki arti "Jangan Engkau Persulit" yang terkesan berprasangka buruk kepada Allah Swt.

Kalimat dalam bahasa Arab tersebut pada sebagian ayatnya memiliki arti "Jangan Engkau Persulit" yang sedikit terkesan berprasangka kepada Allah Swt. menurut sebagian ulama di mana kita mengira bahwa Allah Swt. menyulitkan urusan kita sebagai manusia sedangkan jelas dalam salah satu hadits Rasulullah Saw disebutkan sebagai berikut:
“dan kebaikan semuanya berada di kedua tanganMu, dan kejahatan atau keburukan tidak dinisbatkan kepadaMu,”
Kejahatan serta keburukan tidak bisa dinisbatkan kepada Allah Swt. Maka dari itu, doa ini tidak dianjurkan. Ulama malam menganjurkan untuk membaca doa berikut ini apabila sedang mengalami kesulitan.

Doa Ketika Menghadapi Kesulitan Yang Benar

اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Latin: Allahumma laa sahlaa illaa maa ja'altahu sahlaa wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa
Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang sulit bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya menjadi mudah."
Sumber: [HR. Ibnu Hibban dalam kitab shohihnya no.2427. Dishohihkan oleh 'Abdul Qodir Al-Arnauth dalam takhrij Al-Adzkar An-Nawawi hal.187. Lihat As-Silsilah Hadits Ash-Shohihah no.2886. Dikutip dari buku "DO'A & WIRID" karya Al-Ustadz Yazid bin 'Abdul Qodir Jawas]

Menurut history atau sejarahnya, kalimat permudah dan jangan persulit sebenarnya merupakan hadits Rasulullah Saw yang diberikan atau dinasihatkan kepada pada da'i agar menyebarkan agama Islam dengan jalan mempermudah bukan mempersulit, dan memberi kabar gembira bukan menakut-nakuti.

Nah, dengan demikian kalimat "Allahumma yassir wala tu'assir" kurang pantas bila digunakan sebagai doa untuk memohon kepada Allah, dan akan lebih baik bila menggunakan doa yang sudah direkomendasikan di atas.

Share this :

0 Response to "Allahumma Yassir Wala Tu'assir Tulisan Arab dan Artinya"

Post a Comment