Ar-Rahman Artinya (Yang Maha Pengasih) Asmaul Husna

Ar Ragman Artinya? Dialah Allah yang mengasihi seluruh makhluk ciptaan-Nya di alam semesta tanpa kecuali. Baik itu makhluk yang melata, besar atau kecil, yang berada di laut atau udara, beriman atau tidak, yang baik maupun yang jahat, semuanya dikasihi secara adil dan merata oleh Allah Swt. Berkat kasih sayang Allah lah kita dan semua makhluk yang ada di dunia ini dapat hidup hingga saat ini.

Kasih sayang Allah Swt. tersebut terdapat dalam asmaul husna pada sifat Ar Rahman. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai sifat Allah Ar Rahman, beserta contoh dan manfaat mengamalkan sifat ar-rahman.

Pengertian Ar Rahman Asmaul Husna

Ar Rahman (الرَّحْمَنُ) dalam Asmaul Husna berasal dari kata sifat dalam bahasa Arab dengan kata dasar ra-ha-ma, yang artinya pengasih, penyayang, pecinta, pelindung, pengayom. Para mufassir (penafsir) memberikan penjelasan mengenai "arrahman" adalah kasih sayang Allah Swt. kepada semua makhluk.

Akan tetapi, berdasarkan sumber yang berbeda menuliskan bahwa Ar Rahman (bahasa Arab: الرحمن), yaitu asma Dzat Allah Swt. yang memiliki mutlak nikmat panjang dunia dan akhirar yang terdiri dari huruf Alif Lam Ra Ha Mim Nun.


Secara makna tekstual Ar Rahman artinya adalah Yang Maha Pengasih, seperti yang terdapat dalam surat Al-Fatihah Ayat 1.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Latin: bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang"

Dalam ayat tersebut menunjukkan bahwa nikmat yang seperti apa lagi yang diberikan oleh Allah Swt. kepada makhluknya. Secara tersurat sudah jelas bahwa Allah Swt. itu tiada tandingan-Nya dalam memberikan nikmat. Segala bentuk nikmat diberikan tanpa pilih kasih.

Manfaat Melafazkan kata Ar Rahman

Berikut beberapa manfaat jika melafadkan Ar Rahman dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menenangkan dan menentramkan hati
Jika terdapat diantara kamu yang selalu merasa risau, khawatir serta terus menerus merasa tertekan, bacalah kalimat ini sebanyak banyaknya. Pada saat membaca kalimat ini rasakan kasih sayang Allah, bayangkan betapa kasih sayang Allah yang sudah kamu nikmati sepanjang ini, kamu tumbuh semenjak kecil sampai dewasa dalam kasih sayang ibu, bapa serta seluruh keluarga yang mengasihi.

Bila kamu tidak pernah merasakan kasih sayang sebab berada ditengah keluarga yang memang hidup keras penuh kebencian, bacalah kalimat ini sembari merindukan sifat kasih sayang Allah. Rasakan kasih sayang Allah didalam hati dengan sepenuh jiwa baca kalimat ini sebanyak banyaknya 100x, 200x 300 x ataupun lebih. Insya Allah lingkungan kamu akan berganti, suasana runyam akan berganti jadi nyaman, ataupun bisa saja karena sesuatu serta lain perihal yang tidak kamu mengerti kamu pindah ke sesuatu tempat yang memunculkan rasa nyaman dan aman.

2. Mengharmoniskan rumah tangga
Apabila karena suatu perihal rumah tangga kamu dilanda kekalutan serta prahara, bisa jadi suami ataupun istri yang selingkuh, anak menjadi brandalan serta kerap berurusan dengan polisi. Selalu terjadi keributan serta perang mulut didalam rumah tangga akibat perihal yang sepele, rumah terasa panas bagai dalam bara api, tiada hari tanpa adu mulut serta cekcok.

Bacalah kalimat Ar- Rahman ini sebanyak banyaknya tiap selesai sholat. Jika bisa lakukan dengan teknik penahanan nafas, kala menahan nafas baca” yaa rahman..” kala menghembuskan nafas baca do’ a mohon diberikan kedamaian serta rasa kasih sayang diantara sesama anggota keluarga. Jalani ini terus menerus, hingga Allah mengabulkan permohonan kamu. Jangan sempat putus asa dalam meminta pada Allah, Ia tentu mengabulkan permohonan orang yang meminta pada- Nya

3. Menimbulkan simpati orang lain
Bila kamu teratur mewiridkan bacaan“ Ar–Rahman” tiap hari sehabis selesai sholat wajib, tubuh kamu akan memancarkan aura rasa kasih, yang memunculkan rasa aman serta menyenangkan orang yang berada disekitar kamu. Perihal tersebut memunculkan rasa simpati tiap orang yang baru bertemu dengan kamu. Insya Allah kamu bakal menemukan kemudahan dalam berbicara dengan orang disekitar kamu, bila kamu selaku pedagang, pengusaha, pebisnis ataupun pekerjaan lain yang membutuhkan komunikasi dengan banyak orang, tentu kamu akan menemukan kemudahan yang banyak dalam melaksanakan usaha kamu. Baca Ar- Rahman ini minimun 100 kali tiap berakhir sholat. Semakin banyak semakin besar pengaruhnya pada aura yang kamu pancarkan.

4. Dikasihi dan dicintai Allah sepanjang waktu
Rutin melaksanakan wirid kalimat” Ar Rahman” ini pula akan memunculkan watak kasih sayang pada diri pelaku, sesuai dengan sifat pengasih Allah pada seluruh mahluk- Nya. Rasa kasih yang penuhi jiwa akan melenyapkan sifat kurang baik semacam pemarah, pendendam, dengki, curang, khianat serta lain sebagainya. Sifat kasih yang timbul akan menaikkan kecintaan Allah padanya. Insya Allah hidupnya senantiasa berada dalam cinta kasih Allah sejauh waktu didunia ataupun akhirat, terbebas dari kesukaran, kesempitan serta kegelapan hidup didunia dan akhirat.

Kata Ar Rahman secara umum dapat diartikan sebagai sifat kasih sayang Allah Swt. kepada seluruh makhluk-Nya di dunia, baik itu manusia, binatang ataupun tumbuhan. Ar Rahman merupakan sebuah nama kepada Dzat yang memiliki nikmat pandang dan besar. Sekian dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Ar-Rahman Artinya (Yang Maha Pengasih) Asmaul Husna"

Post a Comment