Kebiasaan Orang Maluku yang Khas dan Unik

Indonesia adalah sebuah negara dengan beragam suku, kebudayaan, dan adat-istiadat yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Salah satu provinsi yang cukup unik akan kebiasaannya adalah terdapat di provinsi Maluku. Maluku mempunyai penduduk asli yang bernama orang Maluku. Orang maluku merupakan istilah yang mencakup banyak suku dan kelompok-kelompok kebiasaan yang mendiami wilayah Maluku.

Baca: Kebiasaan Orang Sunda

Orang asli maluku memiliki darah Melanesia. Namun akibat sejarah panjang dengan banyaknya pendatang membuat orang maluku memiliki daerah keturunan campuran, sehingga terbentuk garis keturunan baru di Maluku. Selain itu, orang maluku juga banyak yang memiliki darah keturunan Belanca, Tinghoa, Spanyol, Portugis, dan juga Arab.

Glenn Fredly (Orang Maluku)

Selain itu, akibat perkembangan zaman membuat orang maluku memiliki kebiasaan-kebiasaan tersendiri yang membuatnya menjadi ciri khas orang Maluku. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Murah Senyum

Orang asing mengenai masyarakat Indonesia dengan ciri khas murah senyum dan keramahtamahan. Begitu juga untuk penduduk atau masyarakat maluku yang memiliki kebiasaan murah senyum kepada siapa saja. Walaupun orang maluku dianggap memiliki tampang yang sangat, namun pada dasarnya mereka murah senyum kepada siapa saja. Apalagi dengan orang yang dikenalnya cukup menghidupkan suasana dengan adanya orang maluku di sekitar mereka.

2. Memiliki Solidaritas yang Tinggi

Selin murah senyum kepada siapa saja, orang maluku pada dasarnya memiliki solidaritas yang tinggi, terutama dengan sesama orang Maluku. Solidaritas orang maluku patut diacungi jempol, karena mereka rela melakukan apa saja terhadap sesama orang maluku, baik itu saat berada di suatu kondisi, tujuan, dan beban, mereka lalui itu semua secara bersama-sama dan menjunjung tinggi persaudaraan. Oleh karena itu, kenapa masyarakat maluku terkenal solid dalam hal kebersamaan.

3. Gemar Bercanda

Tidak cuman terkenal dengan kemurahan senyum dan solidaritasnya, kebiasaan orang maluku yang cukup menonjol adalah sebagai besar orangnya memiliki humor yang tinggi dan terkadang membuat orang yang berbicara dengan mereka tertawa dan terbawa suasana. Mereka sangat pandai dalam melontarkan kata-kara humor dan menjadikan orang maluku dikategorikan sebagai orang yang gemar membuat bercandaan.

4. Gemar Memasak

Hampir semua orang di Indonesia bisa memasak, namun bagi orang maluku memasak sudah termasuk ke dalam hobi yang wajib. Bagi mereka memasak bukan hanya sebatas tradisi, melainkan sudah dianggap sebagai keahlian yang istimewa dan wajib dikuasi. Selain itu, pandai memasak menjadi salah satu syarat khusus dalam menjadi seorang istri orang Maluku. Dan sebagian calom suami dan mertua akan menguji masakan yang dibuat oleh calon istri.

5. Gemar Bernyanyi

Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang maluku adalah bernyanyi. Sebagain besar orang maluku pandai bernyanyi dan suaranya sangat merdu. Karena memang orang yang termasuk ke dalam Indonesia timur terkenal dengan suaranya yang bagus. Banyak penyanyi terkenal Indonesia yang berasal dari Maluku, diantaranya adalah Glenn Fredly, Melly Goeslaw, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah 5 kebiasaan orang maluku yang cukup terkenal, walaupun masih ada kebiasaan-kebiasaan lain dari orang maluku bagus lainnya. Sekian informasi yang dapat saya bagikan mengenai kebiasaan orang maluku. Jika berkenan bisa baca juga: kebiasaan orang betawi

Share this :

0 Response to "Kebiasaan Orang Maluku yang Khas dan Unik"

Post a Comment