√ Properti Tari Jaipong: Sampur, Apok, dan Sinjang

Tari atau Tarian merupakan salah satu cabang dari seni. Seni sendiri merupakan sebuah karya yang dibuat dan diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur-unsur keindahan dalam setiap gerakan yang dimainkan. Seni tari adalah suatugerakan ekspresi diri yang disusun sedemikian rupa dan diiringi oleh irama tertenti, sehingga menghasilkan gerakan yang indah serta memiliki makna tersendiri.

Salah satu tarian yang cukup dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, bahkan mancanegara adalah Tari Jaipong. Tari ini merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tari Jaipong pada setiap gerakannya sebagain besar mengambarkan mengenai wanita sunda.


Seperti halnya tari tradisional lainnya di Indonesia, Tari Jaipong juga mempunyai properti. Properti disini adalah busana yang yang memiliki ciri khusus yang mengambarkan keunikan sekaligus keistimewaan busana yang dikenakan oleh penari. Beberapa properti yang digunakan dalam pertunjukkan Tari Jaipong diantaranya adalah sinjang, apok, dan sampur.

1. Sampur

Sampur adalah kain panjang atau selendang yang dikenakan penari di lehernya. Tari jaipong memang identik dengan selendang yang sedang digunakan dan paling menonjol jika dilihat. Bahan dari sampur ini adalah terbuat dari kain panjang dan digunakan di leher para penari, serta banyak juga yang menyebutnya dengan selendang karena memang bentuknya menyerupai selendang yang biasa dikenakan oleh para perempuan Jawa.

Selain itu, sampir termasuk properti utama dari tari Jaipong, karena hampir setiap gerakan pada tari jaipong memainkan kain panjang ini. Kepiawaian para penari dalam memainkan sampur membuat gerakannya menjadi unik, seperti gemulainya telapak tangan hingga siku.

2. Apok

Apok adalah kostum atau baju bagian atas yang dikenakan oleh penari. Ciri khusus dari konstum apok ini adalah terdapat oranamen yang ada pada baju tersebut yang tidak berbeda jauh dengan kebaya dan juga menggunakan kancing di bagian depan. Ornamen pada kain apok ini jika dilihat tidak begitu jelas, dan hanya berupa bunga yang cukup terleihat serta bordir yang ditempatkan pada beberapa sudut kostum tari jaipong ini.

3. Sinjang

Sinjang adalah kain panjang yang digunakan sebagai calana panjang. Walaupun sekarang ini kostum yang digunakan oleh para penari jaipong berbeda-beda, beragam, dan penuh kreasi, namun pada dasarnya selain menggunakan kain yang mirip seperti daster, para petani juga mengenakan celana panjang tau yang disebut dengan sinjang.

Selain properti di atas, tari jaipong juga menggunakan alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian, diantaranya yaitu Ketuk (alay musik diketuk mirip Bonang), Rebab (alat musik petik trandisional asal Jawa Barat), Gong (alat musik yang dipukul), dan Kecrek (alat musik yang dibunyikan sebagai pengiring tarian).

Nah, itulah properti-properti yang digunakan dalam Tari Jaipong beserta penjelasannya, plus nama alat musik pengiring tari jaipong. Sekian informasi menarik mengenai tari jaipong dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "√ Properti Tari Jaipong: Sampur, Apok, dan Sinjang"

Post a Comment