Ukhuwah Islamiyah Adalah? Pengertian, Macam, dan Dalil

Ukhuwah berasal dari kata ‘akhun’ yang artinya berserikat/bersaudara. Sedangkan pengertian ukhuwah secara istilah berarti perasaan simpati dan empati antara dua orang atau lebih. Ukhwah yang harus dijalin tidak hanya ukhwah sesama agama, namun juga antar umat beragama.

Ukhuwah dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu ukhuwah islamiyah, ukhuwah insaniyah, dan ukhuwah wathaniyah. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu ukhuwa tersebut, yaitu ukhuwah islamiyah.


Pengertian Ukhuwah Islamiyah

Menurut bahasa, ukhuwah islamiyah berarti persaudaraan Islam. Adapun secara istilah, ukhuwah islamiyah adalah kekuatan iman dan spiritual yang dikaruniakan Allah Swt. kepada hamba-Nya yang beriman dan bertakwa yang menumbuhkan perasaan kasih sayang, persaudaraan, kemuliaan, dan rasa saling percaya terhadap saudara seakidah.

Persaudaraan tersebut sangat jelas dicontohkan oleh Rasulullah Saw., yaitu mempersaudarakan antara kaum muhajirin dan kaun ansar, serta menjalin hubungan persaudaraan dengan suku-suku lain yang seiman dan melakukan kerja sama dengan mereka.

Macam-Macam Ukhuwah Islamiyah

Berikum macam-macam ukhuwah islamiah beserta artinya
  1. Ukhuwah ‘ubudiyah adalah persaudaraan sesama makhluk yang sama-sama ciptaan Allah termasuk binatang dan tumbuhan yang kesetundukan kepada Allah
  2. Ukhuwah Insaniyah (basyariyah) adalah persaudaraan seluruh umat manusia.
  3. Ukhuwah wathaniyah wa an-nasab adalah persaudaraan dalam keturunan dan kebangsaan.
  4. Ukhuwah fi din Al-Islam adalah persaudaraan antar sesama Muslim

Dalil Tentang Ukhuwah Islamiah

Dalil ukhuwah islamiah terdapat dalam firman Allah Swt. Surat Al Hujarat ayat 10 yang berbunyi sebagai berikut.

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya: Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

Hadits tentang Ukhuwah Islamiyah :

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ، إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

Artinya: “Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam.” [HR. Muslim]

Hal yang Dapat Menghancurkan Ukhuwah Islamiah

Hal- hal yang dapat menghancurkan ukhwah antara lain:

  1. Pemahaman Islam yang tidak komperehensif dan kaffah ( menyeluruh).
  2. Sikap ta’asub atau fanatisme yang berlebihan.
  3. Suka bermusuhan antar umat beragama.
  4. Kurangnya toleransi (tasamuh) dan rasa saling menghormati.


Nah, itulah pengertian mengenai ukhuwah islamiyah, beserta macam-macam ukhuwah islamiah dan juga hak yang dapat menghancurkan ukhuwah islamiah. Demikian artikal yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Ukhuwah Islamiyah Adalah? Pengertian, Macam, dan Dalil"

Post a Comment