1 pon berapa kg? Konversi Pon ke Kilogram

1 pon berapa kg? Sebelum masuk ke jawaban tersebut, kita akan membahas mengenap apa itu pon? Karena banyak yang belum mengetahui apa itu pon dan berapa nominalnya bila di arahkan ke kg atau kilogram yang menjadi standar berat paling umum dan paling banyak digunakan dalam menentukan ukuran berat.

Pengertian Pon

Pon atau dalam bahasa Inggris Pound adalah satuan massa  yang banyak digunakan  di beberapa negara sebagai standar ukuran berat. Pon biasa disingkan dengan simbol simbol "lb" (jamak: lbs).

Pon atau Pound (bahasa Inggris) merupakan satuan massa yang digunakan dalam sistem kekaisaran Inggris, dan menjadi kebiasaan ukuran yang digunakan di Amerika, yang kemudian juga banyak di adaptasi ke negara lain seperti Indonesia. Salah satu konservsi 1 pon setara dengan 453,6 gram dalam satuan metrik.

Pengertian kg (Kilogram)

Sedangkan untuk kilogram atau biasa disingkat dengan "kg" adalah salah satu unit dalam satuan massa  yang menjadi standar ukuran dalam internasional dan banyak digunakan di berbagai negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia yang menjadi negara pengadaptasi satuan kilogram sebagai standar ukuran berat.

Dalam kehidupan sehari-hari, massa sebuah benda disamakan dengan berat, padahal keduanya merupakan hal yang berbeda, terutama jika dilihat dari segi dan nilai konsepnya. Dalam konteks sains, massa merujuk pada banyaknya jumlah partikel pada suatu objek, sedangkan berat merujuk pada yang dialami oleh suatu benda akibat adanya gaya gravitasi.

1 pon berapa kg?

Pon merupakan satuan berat yang setara dengan 0,5 kg. Dalam kehidupan sehari-hari, satuan pon menjadi salah satu satua berat yang cukup dikenal, di samping kilogram, kwintal, ton, ons, dan gram.
1 pon = 0,5 kg (kilogran)
Konversi satuan lainnya, 1 pon setara dengan 5 ons, dan juga 1 pon setara dengan 500 gram. Untuk lebih jelasnya mengenai penghitungan satuan berat bisa dilihat pada tanggal kilogram di bawah ini.


Catatan:
  • Setiap turun 1 tangga ⇒ dikali 10
  • Setiap naik 1 tangga ⇒ dibagi 10

Contoh Konversi Satuan Liannya

Konversi ukuran ton, kuintal, pon dan ons

1 ton = 1.000 kg
1 kuintal = 100 kg
Berarti 1 ton = 10 kuintal

1 ons = 1 hg
Berarti 1 ons = 1 × 10² gram = 100 gram

1 pon = 5 ons

Berarti,

1 pon = 5 hg
1 pon = 5 × 100 gram
1 pon = 500 gram
1 pon = 500 ÷ 1.000 kg
1 pon = 0,5 kg

Nah, itulah jawaban mengenai 1 pon berapa kg yaitu jawabannya adalah 0,5 kg. Untuk konversi lainnya bisa dilihat pada tanggal satuan kilogram di atas. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "1 pon berapa kg? Konversi Pon ke Kilogram"

Post a Comment