Home » IPA » 30 Contoh Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

30 Contoh Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

1 min read

Larutan adalah percampuran homogen antara zat terlarut dengan zat pelarut. Berdasarkan kemampuannya, larutan dapat menghantarkan listrik. Berdasarkan daya hantar listrik, pengertian larutan elekrolit adalah larutan yang bisa menghantarkan arus listrik. Berdasarkan kemampuan ionisasi, larutan elektrolit merupakan sebuah larutan yang dalam mengalami proses reaksi ionisasi.

Larutan elekrolit adalah zat-zat yang jika dilarutkan ke dalam air akan terurai menjadi ion-ion dan dapat terionisasi sehingga mampu menghantarkan listrik dengan baik. Larutan elektrolit masih dibedakan menjadi dua jenis, yaitu larutan elektrolit kuat dan elekrolit lemah.

Sedangkan larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak bisa terurai menjadi ion-ion dan tidak dapat terionisasi, sehingga larutan jenis ini tidak dapat menghantarkan arus listrik. Nah, untuk contoh larutan elekrolit dan non elektrolit bisa dilihat dibawah ini.

10 Contoh Larutan Elektrolit Kuat

Larutan elektrolit kuat adalah elektrolit yang dapat terionisasi sempurna atau hampir sempurna menjadi ion-ion dalam pelarutnya dan umumnya menghasilkan larutan dengan daya hantar listrik yang baik. Beberapa contoh larutan elektrolit kuat adalah H2SO4 (asam sulfat), dan HCl (asam klorida). Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

No Senyawa Rumus Kimia
1 Asam klorida HCl
2 Asam sulfat H₂SO₄
3 Asam perklorat HClO₄
4 Natrium hidroksida NaOH
5 Kalium hidroksida KOH
6 Kalsium hidroksida Ca(OH)₂
7 Natrium klorida NaCl
8 Kalium bromida KBr
9 Natrium nitrat NaNO₃
10 Barium hidroksida Ba(OH)₂

10 Contoh Larutan Elektrolit Lemah

Larutan elektrolit lemah adalah elektrolit yang hanya terurai sebagian kecil menjadi ion-ion dalam pelarutnya dan menghasilkan larutan dengan daya hantar listrik yang buruk. Beberapa contoh larutan elektrolit lemah diantaranya adalah CH₃COOH (asam cuka), HCN (asam sianida). Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat dibawah ini.

No Senyawa Rumus Kimia
1 Asam asetat CH₃COOH
2 Asam florida HF
3 Asam sianida HCN
4 Asam sulfit H₂SO₃
5 Amonium hidroksida NH₄OH
6 Aluminium hidroksida Al(OH)₃
7 Besi (III) hidroksida Fe(OH)₃
8 Perak hidroksida AgOH
9 Asam benzoat C₆H₅COOH
10 Kalsium sulfida CaS

10 Contoh Larutan Non Elektrolit

Larutan non elektrolit adalah zat yang tidak dapat membentuk ion-ion dalam pelarutnya sehingga larutannya tidak dapat menghantarkan arus listrik. Salah satu contohnya adalah C₆H₁₂O₆ (Glukosa). Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

No Senyawa Rumus Kimia
1 Air H₂O
2 Urea CO(NH₂)₂
3 Sukrosa C₁₂H₂₂O₁₁
4 Glukosa C₆H₁₂O₆
5 Metanol CH₃OH
6 Etanol C₂H₅OH
7 Kloroform CHCl₃
8 Karbon tetraklorida CCl₄
9 Dikloro metana CH₂Cl₂
10 Gliserol C₃H₈O₃

Di atas adalah 10 contoh larutan elekrolit kuat, 10 contoh larutan elektrolit lemah, dan 10 contoh larutan non-elekrolit. Sedangkan untuk larutan lain, seperti asan, basa, dan garam termasuk ke dalam semua golongan baik kuat maupun lebih. Sekian yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

10 Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui (Diperbaharui)

Manusia selama dunia banyak memerlukan kebutuhan. Salah satu kebutuhan manusia tersebut adalah bersumber dari alam (Sumber Daya Alam). Bumi sendiri banyak menyediakan sumber daya...
Admin Admin
4 min read

20 Ciri-Ciri jaringan Meristem Pada Tumbuhan

Ciri ciri jaringan Meristem – Setiap makhluk hidup pastinya akan mengalami proses tumbuh dan berkembang. Pada saat proses itulah sel-sel yang menyusun tubuh menjadi...
Admin Admin
1 min read

Fungsi Nukleolus (anak inti), Letak, dan Struktur Nukleolus

Fungsi Nukleolus – Sel bersifat fundamental (mendasar) bagi sistem kehidupan dalam ilmu Biologi, karena semua organisme tersusun atas sel. Terdapat dua tipe sel, yakni...
Admin Admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *