30 Contoh Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Larutan adalah percampuran homogen antara zat terlarut dengan zat pelarut. Berdasarkan kemampuannya, larutan dapat menghantarkan listrik. Berdasarkan daya hantar listrik, pengertian larutan elekrolit adalah larutan yang bisa menghantarkan arus listrik. Berdasarkan kemampuan ionisasi, larutan elektrolit merupakan sebuah larutan yang dalam mengalami proses reaksi ionisasi.

Larutan elekrolit adalah zat-zat yang jika dilarutkan ke dalam air akan terurai menjadi ion-ion dan dapat terionisasi sehingga mampu menghantarkan listrik dengan baik. Larutan elektrolit masih dibedakan menjadi dua jenis, yaitu larutan elektrolit kuat dan elekrolit lemah.


Sedangkan larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak bisa terurai menjadi ion-ion dan tidak dapat terionisasi, sehingga larutan jenis ini tidak dapat menghantarkan arus listrik. Nah, untuk contoh larutan elekrolit dan non elektrolit bisa dilihat dibawah ini.

10 Contoh Larutan Elektrolit Kuat

Larutan elektrolit kuat adalah elektrolit yang dapat terionisasi sempurna atau hampir sempurna menjadi ion-ion dalam pelarutnya dan umumnya menghasilkan larutan dengan daya hantar listrik yang baik. Beberapa contoh larutan elektrolit kuat adalah H2SO4 (asam sulfat), dan HCl (asam klorida). Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.
NoSenyawa Rumus Kimia
1Asam kloridaHCl
2Asam sulfatH₂SO₄
3Asam perkloratHClO₄
4Natrium hidroksidaNaOH
5Kalium hidroksidaKOH
6Kalsium hidroksidaCa(OH)₂
7Natrium kloridaNaCl
8Kalium bromidaKBr
9Natrium nitratNaNO₃
10Barium hidroksidaBa(OH)₂

10 Contoh Larutan Elektrolit Lemah

Larutan elektrolit lemah adalah elektrolit yang hanya terurai sebagian kecil menjadi ion-ion dalam pelarutnya dan menghasilkan larutan dengan daya hantar listrik yang buruk. Beberapa contoh larutan elektrolit lemah diantaranya adalah CH₃COOH (asam cuka), HCN (asam sianida). Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat dibawah ini.
NoSenyawa Rumus Kimia
1Asam asetatCH₃COOH
2Asam floridaHF
3Asam sianidaHCN
4Asam sulfitH₂SO₃
5Amonium hidroksidaNH₄OH
6Aluminium hidroksidaAl(OH)₃
7Besi (III) hidroksidaFe(OH)₃
8Perak hidroksidaAgOH
9Asam benzoatC₆H₅COOH
10Kalsium sulfidaCaS

10 Contoh Larutan Non Elektrolit

Larutan non elektrolit adalah zat yang tidak dapat membentuk ion-ion dalam pelarutnya sehingga larutannya tidak dapat menghantarkan arus listrik. Salah satu contohnya adalah C₆H₁₂O₆ (Glukosa). Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.
NoSenyawa Rumus Kimia
1AirH₂O
2UreaCO(NH₂)₂
3SukrosaC₁₂H₂₂O₁₁
4GlukosaC₆H₁₂O₆
5MetanolCH₃OH
6EtanolC₂H₅OH
7KloroformCHCl₃
8Karbon tetrakloridaCCl₄
9Dikloro metanaCH₂Cl₂
10GliserolC₃H₈O₃
Di atas adalah 10 contoh larutan elekrolit kuat, 10 contoh larutan elektrolit lemah, dan 10 contoh larutan non-elekrolit. Sedangkan untuk larutan lain, seperti asan, basa, dan garam termasuk ke dalam semua golongan baik kuat maupun lebih. Sekian yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "30 Contoh Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit"

Post a Comment