√ Bolivia: Negara Tanpa Laut di Amerika Selatan

Apa nama negara tanpa laut di Amerika Selatan? Jawabannya adalah Bolivia. Bolivia merupakan sebuah negara yang berada di Amerika Selatan dan berbatasan dengan negara lainnya, seperti dengan Brasil di sebelah utara, paraguay di sebelah timur, argentina di sebelah selatan, serta Chili dan Peru di bagian barat.

Bolivia secara resmi bernama Negara Plurinasional Bolivia atau dalam bahasa Spanyol bernama Estado Plurinacional de Bolivia yang beribukota Sucre. Negara Bolivia menjadi salah satu negara yang tidak memiliki garis pantai dan laut, karena letaknya berada di tengah dan diapit oleh beberapa negara.

Negara Tanpa Laut di Amerika Selatan


Bolvia menjadi negara yang tidak memiliki garis pantai dan laut, karena termasuk ke dalam negara pedalaman yang diapit oleh negara lain. Setiap perbatasan Bolivia adalah perbatasan dengan negara lain, sehingga tak memiliki laut.

Walaupun begitu, sebenarnya dulu Bolivia memiliki pesisir pantai di samudra Pasifik, namun hilang akibat Perang Pasifik. Tidak adanya laut dan garis pantai membuat Bolivia kekurangan wisata liburan pantai, namun negara ini bisa dibilang cukup besar dan luas.

Letak Geografis Bolivia


Walaupun tidak memiliki laut, namun Bolivia menjadi negara yang cukup luas yaitu sekitar 424.135 mi² (1.098.581 km²) dan menjadikan Bolivia sebagai negara terbesar urutan ke-28 setelah negara Ethiopia, serta ukuran negara Bolivia sama seperti negara Mauritania.

Walaupun tidak memiliki garis pantai dan laut, tapi Bolivia memiliki pegunungan yang telaknya di bagian barat yaitu terdapat pegunungan Andes. Pegunungan tertinggi di Bolivia terletak di kota Oruro yaitu pegunungan yang disebut dengan Nevado Del Sajama.

Walaupun memiliki pegunungan yang sangat tinggi, tapi nyatanya Bolivia juga memiliki dataran rendah yang telaknya mendekati laut. Sedangkan sebagian wailayah Bolivia lainnya ditutupi oleh hutan hujan Amazon dan juga danau besar yang merupakan danau tertinggi di dunia yaitu Danau Titicaca.

Sejarah Bolivia

Negara Bolivia pertama kali didirikan dengan nama "República Bolívar" untuk menghormati pendirinya yaitu Simón Bolívar. Bolivia sendiri dulunya adalah koloni Spanyol sebagai pendahulunya. Pertambangan perak yang ada di wilayah Bolivia memberikan berkah pada keuangan Spanyol. Orang spanyol kemudian mempekerjakan orang Bolivia sebagai budak untuk bekerja di pertambangan. Setelah banyak perang, Simon Bolivar membantu Bolivia menjadi negara merdeka.

Nah, itulah salah satu informasi mengenai negara yang tidak memiliki laut yang terletak di Benua Amerika bagian Selatan. Sekian informasi mengenai Bolivia dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "√ Bolivia: Negara Tanpa Laut di Amerika Selatan"

Post a Comment