DRAMA: Cerita Yang Melibatkan Konflik (Lengkap)

Apa nama cerita yang melibatkan konflik? Nama cerita tersebut adalah DRAMA. Apa itu drama? Dramac berasal dari bahasa Yunani "draomai" yang memiliki arti berbuat, bertindak, berkehendak, dan lain sebagainya. Sedangkan secara umum, drama adalah suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog yang nantinya akan dipertunjukan oleh seorang aktor atau tokoh drama.

Pengertian Drama

Drama adalah sebuah karya sastra yang ditulis berbentuk dialog yang nantinya digunakan dalam pertunjukkan oleh aktor. Drama juga memiliki pengertian sebuah karangan yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia bertingkah laku yang dipentaskan dalam beberapa babak. Pementasan dari naskah drama dikenal dengan istilah terater.


Pengertian drama dalam arti luas adalah semua bentuk tontonan atau pertunjukan yang mengandung cerita di dalamnya ke khalayak umum. Sedangkan secara arti sempit, drama adalah sebuah kisah hidup manusia dalam masyarakat yang diproyeksikan di atas panggung dan diperankan oleh aktor.

Dalam drama, terdapat tahapan-tahapan yang membangun drama itu sendiri, mulai dari perkenalan, konflik, klimaks, antiklimaks, dan terakhir penyesalan. Nah, yang akan kita bahasa kali ini adalah mengenai konflik yang merupakan puncak dari drama.

Konflik dalam Drama

Konflik adalah suatu permasalahan yang ada di dalam drama yang menjadi puncak masalah. Disini sang tokoh utama (protagonis) sedang mengalami masalah yang biasanya berasal dari tokoh antagonis atau tokoh yang melawan main character dan biasanya sifatnya buruk. Pada konflik akan muncul masalah besar yang harus dihadapi oleh tokoh utama.

Konflik dalam drama merupakan puncak dari ketegangan dan pertentangan dalam teks drama yang mencakup pertentangan antara dua kekuatan, pertentangan dalam diri seorang tokoh (biasanya tokoh utama), pertentangan dua orang tokoh, dan pertentangan kelompok. Konflik yang terjadi pada drama bisa disebabkan oleh diri sendiri (konflik batin), antartokoh, budaya, lingkungan dan sosial.

Jenis-Jenis Konflik

Konflik adalah pertentangan dalam sebuah drama, konflik masih dibedakan menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut.

1. Konflik eksternal

Konflik eksternal adalah konflik yang terjadi antara tokoh utama dengan sesuatu di luar dirinya, bisa dengan lingkungan/alam ataupun dengan manusia lain. Konflik eksternal masih terbagi ke dalam dua yaitu konflik fisik yang menyebabkan tokoh berbenturan dengan lingkungan, dan konflik sosial, yaitu masalah yang timbul dari hubungan antarmanusia.

2. Konflik Internal (Konflik Batin)

Konflik internal atau batin adalah konflik yang dalami oleh tokoh dengan dirinya sendiri. Konflik ini cenderung sulit jika digambarkan dalam sebuah drama teater. Namun ada beberapa jenis drama yang menggunakan konflik batin, seperti teater rakyat, lenong, sandiwara dan drama. Drama sendiri meliputi bentuk prosa dan drama berbentuk puisi (balada)

Nah, itulah sedikit informasi mengenai konflik yang ada di dalam drama yang banyak diajarkan di sekolah dalam materi pelajaran bahasa Indonesa. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai informasi penjelasan dari jawaban TTS dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "DRAMA: Cerita Yang Melibatkan Konflik (Lengkap)"

Post a Comment