√ Inovator adalah Orang Yang Melakukan Inovasi

Istilah yang digunakan untuk orang yg melakukan inovasi disebut dengan Inovator. Sebelum masuk ke pembahasan inovator, apa itu Inovasi? Inovasi adalah berasal dari bahasa inggris "innovation" yang dapat diartikan sebagai suatu proses dan/ atau hasil pengembangan pemanfaatan suatu produk/ sumber daya yang telah ada sebelumnya, sehingga memiliki nilai yang lebih berarti.

Pengertian Inovator

Inovator secara sederhana diartikan sebagai orang yang melakukan inovasi. Kata inovator tidak jauh berbeda dengan kata Inovasi yang mendapat imbuhan "tor" yang umumnya digunakan untuk orang yang melakukan sesuatu. Lalu apa pengertian inovator secara lengkap?

Inovator adalah seorang pemimpin yang berani dan berhasil merealisasikan mimpi (ide) pembaruannya yang memberikan manfaat, serta orang yang memperkenalkan gagasan, metode, ide an lain sebagainya yang sifatnya baru.


Inovator juga nama untuk orang yang menghasilkan, menciptakan, atau memperkenalkan suatu gagasan, metode, dan lainnya yang bersifat baru. Intinya inovator adalah orang yang membuat sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang lain.

Ciri-Ciri Inovator

Seorang inovator sangat berbeda dengan orang biasa karena mempunyai ciri-ciri tertentu, berikut 9 ciri-ciri seorang inovator.
  1. Inovator memiliki kegigihan. Inovasi bukan sekedar ide yang hebat. Kita memerlukan keyakinan, kerja keras dan fokus.
  2. Inovator berani mengambil resiko dan siap membuat kesalahan.  Bereksperimenlah. Belajar dari kesalahan. Coba lagi.
  3. Inovator mudah relaks. Kalau kita selalu serius, maka kita akan gagal melihat ide dan peluang di sekeliling kita.
  4. Inovator terbuka terhadap ide dan kemungkinan baru tanpa terbatas pada apa yang biasa dilakukan orang.
  5. Inovator memiliki buku catatan. Ide itu mudah datang dan mudah hilang. Maka segera catat dan lihat kembali di lain waktu.
  6. Inovator mampu mengkombinasikan hal-hal yang tidak terkait menjadi sesuatu yang baru dan bernilai tambah.
  7. Inovator pandai melihat pola.  Lihat sekitar kita, temukan polanya, prediksi apa yang akan datang. Hadirkan sekarang!
  8. Inovator penuh rasa penasaran. Layaknya detektif, mereka tidak berhenti mencari jawaban hingga menemukannya.
  9. Inovator suka iseng. Mereka selalu bertanya “kenapa harus begitu?” pada apapun yang dilakukan orang-orang disekitarnya.

Nah, itulah sedikit penertian mengenai inovator yaitu orang yang melakukan sebuah inovasi. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai inovator dan semoga bermanfaat.

Referensi:
https://www.kubikleadership.com/9-ciri-inovator/

Share this :

0 Response to "√ Inovator adalah Orang Yang Melakukan Inovasi"

Post a Comment