KUDETA adalah Perebutan Kekuasaan Dengan Paksa

Istilah untuk perebutan kekuasaan dengan paksa adalah Kudeta. Kudeta berasal dari bahasa Prancis "coup d'État" yang memiliki arti berarti merobohkan legitimasi atau pukulan terhadap negara. Sedangkan untuk pengertian kudeta yang lebih lengkap bisa dilihat di bawah ini.

Pengertian Kudeta

Kudeta secara umum adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan pembalikan kekuasaan terhadap seseorang yang berwenang dengan cara yang ilegal dan cenderung brutal, seperti pengambilalihan atau penggulingan kekuasaan sebuah pemerintah atau negara dengan menyerang dengan cara strategis, taktis, dan politis legitimasi pemerintahan dengan maksud untuk menerima penyerahan kekuasaan dari pemerintah yang digulingkannya.

Kudeta bisa dibilang sukses bila terlebih dahulu bisa melakukan konsolidasi dalam membangun adanya legitimasi sebagai persetujuan dari rakyat dan mendapat dukungan serta partisipasi dari pihak non-militer dan juga militer.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kudeta adalah sebuah perebutan kekuasaan (pemerintah) dengan paksa. Contohnya seperti ada sekitar 300 orang perwira yang terlibat dalam rencana menggulingkan pemerintahan yang sah. Sedangkan mengudeta yaitu melakukan perebutan kekuasaan secara paksa dan tidak secara sah, contoh ia mengecam seseorang pemimpin dalam partai itu.

Definisi lainnya, kudeta adalah suatu upaya yang dilakukan secara mendadak oleh sekelompok kecil orang untuk mengambilalih atau menggulingkan pemerintah melalui jalan yang cenderung anarkis dan melibatkan kekerasan.

Jenis-Jenis Kudeta

Kudeta memiliki beberapa jenis, seorang ilmuan politik berbama Samuel P. Hungtington mengidentifikasi kudeta menjadi tiga kelas, yaitu sebagai berikut.

1. Kudeta Sempalan

Kudeta sempalan adalah kudeta yang dilakukan oleh sekelompok yang menggunakan senjata yang umumnya terdiri dari para militer atau tentara yang tidak puas dengan kebijakan pemerintah saat itu, kemudian melakukan gerakan yang bertujuan menggulingkan pemerintahan dan menciptakan birokrasi baru.

2. Kudeta Wali

Kudeta wali adalah kudeta yang dilakukan oleh sekelompok orang yang ingin mengudeta (pengkudeta) yang mengumumkan bahwa dirinya sebagai perwalian dalam rangka meningkatkan ketertiban umum, dan mengakhiri korupsi, para pengudeta ini akan menggambarkan tindakan mereka hanya untuk tindakan sementara dan akan menyesuaikan dengan kebutuhan. Kudeta wali biasanya dilakukan untuk mengubah bentuk pemerintaha sipil menjadi bentuk pemerintahan militer.

3. Kudeta Veto

Kudeta veto adalah kudeta yang dilakukan melalui cara partisipasi dan mobilisasi sosial dari kelompok massa rakyat dalam melakukan penekanan berskala besar dan biasanya basisnya luas pada oposisi sipil.

Nah, itulah pengertian mengenai kudeta yaitu perebutan kekuasaan dengan paksa. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai kudeta dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "KUDETA adalah Perebutan Kekuasaan Dengan Paksa"

Post a Comment