Kultum Tentang Ibu yang Menyentuh Hati (Kasih Sayang Ibu)

Kuliah Tujuh Menit atau biasa disingkat dengan Kultum adalah sebuah penyampaian ajaran-ajaran keagamaan kepada orang banyak dengan durasi yang relatif singkat, yaitu kurang lebih tujuh menit, seperti namanya.

Kultum umumnya dilaksanakan ketika selesai sholat 5 waktu di masjid-masjid, namun dalam bulan tertentu seperti bulan ramadhan banyak dilaksanakan sebelum sholat terawih, dan juga sering disiarkan pada saat waktu berbuka puasa.

Tema yang diangkat dalam kultum beragam, kebanyakan tentang problematika hidup, agama, dan masalah-masalah lain yang bersifat baik. Salah satu tema yang sering diangkat adalah mengenai Ibu. Tema tersebut diangkat, karena Ibu adalah orang yang telah melahirkan kita dan jasanya sangat besar sekali bagi kita. Berikut salah satu contoh kultum tentang Ibu.


Contoh Kultum Tentang Ibu

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabaraktuh

Segala puji bagi Allah, yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat hamba-hambanya, Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya, yang diutus dengan kebenaran, sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, mengajak pada kebenaran dengan izin-Nya, dan cahaya penerang bagi umatnya. Dan tak pula kita curahkan sholawat dan salam bagi nya dan keluarganya, yaitu doa dan keselamatan yang berlimpah kepada nabiullah Muhammad S.A.W

Dan insyaallah saya akan membawakan sebuah kultum mengenai “Ibu”. Kata ibu sudah tidak asing bagi kita, setiap makhluk hidup kecuali Adam dan Hawa memiliki ibu. Selama 9 bulan ibu mengandung kita tanpa merasa lelah dan letih, karena memang itu adalah berkah terindah untuk ibu. Ibu, seseorang yang sangat berarti di atas segalanya, sehingga rasulullah memberi gelar kepada ibu “surga itu berada di telapak kaki ibu”

Ibu lah yang merawat kita sejak kita bayi, balita, hingga kita dewasa pun kasih sayangnya tidak akan hilang. Karena pengorbanan yang besar inilah, kita wajib menyayangi ibu kita, lebih dari sayang kita pada orang lain ..

Dulu, ada seorang pemudayang menemui rosulallah dan berkata “wahai rosul, ayah saya telah tiada, sedangkan ibu saya sudah tua, jika ibu makan saya haluskan makananya kemudian saya letakan makanan itu di mulut ibu, seperti anak kecil. Saya letakan beliau dalam ayunan kain, saya ayun sampai ibu tertidur.” Mendengar penuturan itu rosulallah menangis, dan bersabda “Wahai anak muda, kau telah mendapatkan keberhasilan yang sangat layak, karena kau mohon pada allah dengan hati yang bersih niat yang tulus, Allah pasti mengabulkan doamu” anak muda itu bertanya “ wahai nabi, dapatkah saya mengganti semua jerih payah Ibu?” Rosul bersabda “ Kau tak kan bisa mengganti jerih payah ibu, Bahkan 1 rintihan di antara rintihan rintihan ibumu ketika melahirkanmu. Di dunia tidak ada yang bisa bekerja keras melebihi apa yang di lakukan seorang ibu”.

Dari kisah diatas kita tau betapa mulia kasih sayang ibu. Bahkan jika kita di beri 200 kehidupan pun tak akan mampu untuk menandingi kasih sayang ibu.

Dan juga ada Seorang sahabat bertanya pada Rasulullah, "Ya Rasulullah, siapa yang paling berhak memperoleh pelayanan dan persahabatanku?" Nabi Saw menjawab, "ibumu...ibumu...ibumu, kemudian ayahmu dan kemudian yang lebih dekat kepadamu dan yang lebih dekat kepadamu." (Mutafaq'alaih).

Karena itu, ada beberapa kewajiban kita sebagai anak pada orang tua :
  1. Taat dan berbakti pada orang tua. selama mereka tidak memerintah pada kemusyrikan, dan kita tetap menjaga tata krama dan kebaikan. (silakan lihat Q.S Luqman, 31:15)
  2. Mendoakan kedua orang tua. Diantara doa kita pada orang tua adalah,
“Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (Q.S Ibrahim, 14:41)

“…”Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (Q.S Al Israa’, 17:24) “…

Inilah kultum yang sempat saya sampaikan semoga bermanfaat, lebih dan kurangnya mohon di maafkan. Wabbillahi taufik wal hidayat.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabaraktuh

Nah, itulah salah satu contoh kultum tentang Ibu yang bisa Anda kutip atau jadikan referensi untuk tugas atau kultum Anda. Sekian informasi yang dapat saya bagikan mengenai contoh kultum dan semoga bermanfaat. Baca juga: contoh kultum tentang Sabar

Share this :

0 Response to "Kultum Tentang Ibu yang Menyentuh Hati (Kasih Sayang Ibu)"

Post a Comment