Kumpulan Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD/MI Bahasa Indonesia

Contoh Pidato Perpisahan Kls 6 - Setiap pendidikan pasti memiliki akhir, baik itu jenjang SD, SMP, SMA, bahkan di bangku kuliah. Setiap jenjang pendidikan memiliki waktunya sendiri, dan masa-masa yang paling menyedihkan adalah ketika di kelas akhir, karena kelas tersebut merupakan kenangan terakhir ketika berkumpul bersama di kelas.

Pada jenjang SD kelas terakhir adalah kelas 6, jenjang SMP/MTs adalah kelas 9, dan jenjang SMA/SMK/MA dan sederajat adalah kelas 12. Moment yang paling menyedihkan adalah ketika melakukan wisuda atau perpisahan, di mana moment tersebut merupakan prosesi perpisahan kita dengan sekolah.


Dalam prosesi perpisahan, pasti akan ada pidato dari siswa/murid yang ditujukan kepada teman, guru, dan sekolah. Pidato tersebut umumnya dibacakan sebanyak dua kali, pertama dari wakil kelas yang di wisuda dan dari adik kelas. Nah, berikut ini adalah kumpulan contoh pidato perpisahan untuk kelas VI SD atau MI yang bisa Anda jadikan referensi dalam pidato Anda.

#1 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah,
Yang terhormat Bapak Ketua Komite,
Yang saya hormati pula Bapak dan Ibu Guru
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini dalam keadaan sehat.

Hadirin yang saya hormati, saya sebagai perwakilan teman-teman siswa kelas 6 ingin menyampaikan kesan dan pesan selama menuntut ilmu di sekolah ini. Selama kami belajar disini, Bapak serta Ibu Guru selalu membing kami dengan penuh kesabaran. Dari yang tidak tahu, menjadi tahu, dari yang tidak berbudi, menjadi penuh sopan santun. Semoga semua ilmu yang telah diberikan menjadi bekal bagi kami untuk menghadapi kehidupan pada masa yang akan datang.

Tak lupa pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Bapak dan Ibu Guru. Kami sebagai siswa, menyadari bahwa disengaja atau tidak, kami sering melakukan kesalahan. Oleh karena itu, kami mohon maaf yang setulusnya.

Kepada adik-adik kelas yang kami cintai. Tak akan lelah kami berpesan agar selalu belajar dengan rajin dan mematuhi nasihat para guru, karena itu sangat penting demi kebaikan kalian sendiri.

Hadirin yang saya hormati, demikian yang dapat kami sampaikan. Kami mohon doa dan restunya agar kami dapat melanjutkan kehidupan, mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan lebih baik.

Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

#2 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat siang untuk semuanya.

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati,
Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,
Para orang tua murid Kelas VI yang saya hormati,
Teman-Teman yang saya cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita diberi kesehatan untuk berkumpul bersama pada hari ini. Hari ini, kita berkumpul dalam rangka hari perpisahan sekaligus hari perayaan kelulusan siswa Kelas VI. Guru-Guru dan Teman-Teman, sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini. Begitu banyak pelajaran dan pengetahuan yang kami dapatkan. Semuanya itu sangat berguna bagi kami.

Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba. Setelah enam tahun kami banyak belajar dari Bapak dan Ibu Guru, saya selaku perwakilan teman-teman Kelas VI mengucapkan terima kasih untuk guruguru kami tercinta. Semua pelajaran dan nasihat yang kami dapatkan akan selalu kami ingat. Kami juga menyampaikan permintaan maaf atas semua kesalahan dan kenakalan yang pernah kami perbuat selama kami bersekolah di sini. Kenanglah kami semua sebagai siswa-siswi yang pernah Bapak dan Ibu ajar.

Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada orangtua kami tercinta yang juga hadir pada kesempatan ini. Para orang tua yang selalu memberikan kasih sayang dan dorongannya kepada kami hingga kami dapat lulus dan merayakannya pada hari ini.

Untuk Teman-Teman, semua peristiwa yang kita alami di sekolah ini, senang, sedih, dan bahagia akan selalu mengingatkan kita pada sekolah tercinta ini. Setelah lulus, hendaknya kita selalu terdorong untuk tetap rajin belajar untuk mencapai cita-cita.

Akhir kata, saya sebagai perwakilan teman-teman Kelas VI ingin mengucapkan selamat tinggal pada sekolah kami tercinta. Kami akan selalu mengingat sekolah ini. Sekian dari saya. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

#3 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Assalamualaikum wr. Wb

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang mana pada kesempatan kali ini kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat amin ya robbal alamin.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya, keluarganya, dan kepada kita selaku umatnya.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan amanat dalam rangka perpisahan ini.

Tidak terasa sudah 6 tahun kita berada disini. Semua cerita indah disini hanya akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Suatu hari nanti kita pasti akan merindukan masa-masa indah seperti ini.

Tak lupa juga kami sangat berterima kasih kepada guru-guru kami yang telah mengajarkan kami arti dari sebuah perjuangan untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya. Tanpa beliaubeliau, kami bukan apa-apa.

Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama dan yang terpenting berguna bagi diri kita sendiri. Amien.

Dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT. Sekian dari saya.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb.

#4 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Assalamualaikum wr. Wb

Alhamdulillahirobbil ngalamin washolatu wassalamu ngala asrofil ambiyai walmursalin waala alihi wasohbihi ajmangin. Robbi Shrohli Sodri Wa Yassirli Amri Wahlul U'datan Milithani Yafqohu Qauli ammabadu.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang mana pada kesempatan kali ini kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat amin ya robbal ‘alamin.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya, keluarganya, dan kepada kita selaku umatnya.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan amanat dalam rangka perpisahan ini.

Tidak terasa sudah 6 tahun kita berada disini. Semua cerita indah disini hanya akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Suatu hari nanti kita pasti akan merindukan masa-masa indah seperti ini.

Tak lupa juga kami sangat berterima kasih kepada guru-guru kami yang telah mengajarkan kami arti dari sebuah perjuangan untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya. Tanpa beliau-beliau, kami bukan apa-apa.

Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama dan yang terpenting berguna bagi diri kita sendiri. Amien.

Dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya. mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT. Sekian dari saya.

Usikum Wanafsi Bitaqwallah Wassalamu’alaikum wr.wb

#5 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bapak kepala sekolah, bapak-bapak dan ibu guru, yang kami hormati serta teman-teman yang kami sayangi.

Pada kesempatan ini perkenankan kami mengucap puji sukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmatnya sehingga kita bisa berkumpuldalam keadaan sehat walafiat, selain itu atas nama teman-teman kelas VI izinkanlah kami menyampaikan ungkapan rasa terima kasih kami kepada Bapak-bapak danIbu-ibu, Bapak kepala sekolah Bapak dan Ibu guru sekalian, serta teman-teman tercinta.

Selama 6 tahun kami berkumpul dan mendapatkan ilmu pengetahuan keterampilan dan budi pekerti semuanya kami dapatkan berkat bimbingan dan tuntunan Bapak dan Ibu guru semua yang telah kami dapatkan akan kami gunakan sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan sekarang dan masa akan datang, oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak kepalasekolah serta Bapak dan Ibu guru sekalian.

Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, kami akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kami ingin sukses dalam kehidupan ini dan dapat meraih cita-cita, kami menyadari selama ini banyak berbuat kesalahan sehingga kurang berkenan dihati Bapak dan Ibu guru, untuk itu atas nama teman-teman kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kami mendoakan Bapak dan Ibu guru panjang umur dan selalu dalam lindungan tuhan YME, kami berpesan kepada adik-adik kelas belajarlah dengan rajin patuhilah nasehat Bapak dan Ibu guru taatilah peraturan dan tatatertib sekolah peliharalah kesehatan dan kerukunan sesama teman supaya kaliandapat belajar dengan tenang disekolah ini.

Bapak dan Ibu guru sekalian, akhirnya kami mohon pamit dan doa restu semoga sekolah kita tetap jaya sepanjang masa. Sekian dan terima kasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh!
Nah, itulah beberapa contoh pidato perpisahan untuk Kelas 6 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai contoh pidato dan semoga bermanfaat. Baca juga: Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Perpisahan Kelas 6, 9, 12

Share this :

0 Response to "Kumpulan Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD/MI Bahasa Indonesia"

Post a Comment