Lillahi Ta'ala Tulisan Arab dan Artinya

Lillahi Ta'ala Artinya? Dalam kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia yang mayoritas beragama Islam, pastinya tidak jauh dengan beberapa bacaan dalam bahasa Arab yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu diantaranya adalah kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil yang sering diucapkan dalam bacaan dzikir.

Namun tahukah Anda, bahwa banyak juga bacaan yang maknanya sangat baik yang tidak dilafadkan, melainkan dibaca di dalam hati, salah satunya adalah Lillahi Ta ala. Apa arti lillahi ta'ala? Berikut artinya beserta arabic.

Lillahi Ta'ala Arab dan Artinya


Lillahi Ta'ala merupakan kalimat yang diambil dari bahasa Arab dan banyak terdapat dalam Al-Qur'an. Lillahi Ta'ala atau dalam bahasa Arab (لله تعالى) artinya adalah karena Allah Ta’ala. Kalimat ini banyak ditemui dalam beberapa bacaan niat dalam agama Islam.

Lillahi Ta'ala untuk lebih panjangnya memiliki arti atau makna "Semata-mata hanya karena melaksanakan perintah Allah Yang Maha Tinggi". Kalimat ini bukan hanya sekedar terucap dalam lisan, namun seharusnya dijadikan prinsip dan pegangan hidup setiap hamba kepada Allah Swt.

Kalimat lillahi Ta'ala sering muncul dan dibaca dalam setiap ibadah dalam agama Islam, karena memang kalimat tersebut memiliki makna yang sangat bagus di dalamnya dan sangat baik digunakan dalam memulai sesuatu hal.

Kalimat ini sering muncul dalam bacaan sholat, zakat, puasa, haji, dan amalan-amalan lainnya baik yang bersifat wajib maupun sunnah lainnya. Dan biasanya kalimat lillahi Ta'ala sering dibaca atau diucapkan ketika mau melakukan suatu pekerjaan ibadah di awal atau sebelum melakukan ibadah, karena bacaan tersebut adalah sebuah niat.

Kalimat lillahi ta'ala merupakan sebuah akhiran dari niat, Rosululloh saw bersabda:
“Sesungguhnya segala amal perbuatan tergantung pada niat, dan bahwasanya bagi tiap-tiap orang memperoleh menurut apa yang diniatkannya. Barangsiapa hijrahnya kepada Alloh dan Rosul-Nya, maka hijrahnya kepada Alloh dan Rasul-Nya, dan barangsiapa hijrahnya kepada dunia yang ingin didapatkannya, atau wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya kepada apa yang ditujunya.“ (HR. Bukhori, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi dan Nasa’i).
Ibnul Mubarak rahimahullah pernah mengatakan,

رب عمل صغير تعظمه النية، ورب عمل كبير تصغره النية

Artinya: “Betapa banyak amalan yang kecil menjadi besar (pahalanya) karena sebab niat. Dan betapa banyak amalan yang besar menjadi kecil (pahalanya) karena sebab niat.” (Al Ikhlas wan Niyyah).

Apa itu Niat

Secara bahasa, niat berasal dari bahasa Arab القصدُ yang artinya keinginan atau tujuan. Sedangkan secara istilah niat adalag keinginan seseorang untuk melakukan suatu perbuatan. Niat sendiri tidak dilafalkan dalam mulut, namun letaknya harus dari dalam hati.

Niat dalam diri seseorang memiliki 2 fungsi yaitu Membedakan antara ibadah dengan rutinitas (membedakan tujuan suatu perbuatan), dan Membedakan antara satu ibadah dengan ibadah yang lain. Dan yang paling penting pahala dari sebuah niat sesuai dengan kadar niatnya.

Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

Artinya: "Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus."

Nah, itulah arti dari lillahi ta'ala beserta penjelasan lainnya yang masih berhubungan dengan kalimat dalam bahasa Arab tersebut. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai lillahi ta'ala artinya apa? dan semoga bermanfaat.

Referensi:
https://muslimah.or.id/7034-seseorang-diberi-pahala-sesuai-kadar-niatnya.html

Share this :

0 Response to "Lillahi Ta'ala Tulisan Arab dan Artinya"

Post a Comment