√ MATERIAL adalah Bahan Mentah Untuk Bangunan

Istilah yang umum digunakan untuk menamai bahan mentah untuk bangunan adalah material. Material adalah suatu zat atau benda yang dari mana sesuatu dapat dibuat darinya, atau barang yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu. Material juga disebut dengan bahan, bahan tersebut bisa merujuk ke beberapa hal, diantaranya bahan bangunan, pakaian, atau kain.

Pengertian Material

Secara umum, material adalah bahan yang digunakan atau dipakai untuk membuat barang lain, seperti bahan mentah yang digunakan bangunan seperti pasir, kayu, semen, kapur, dan lain sebagainya. Contoh penggunaan kata material adalah pembangunan rumah itu terpaksa berhenti sementara, kerana menunggu bahan material yang sudah habis.


Material merupakan sebuah masukan dalam produksi. Material seringkali disebut dengan bahan mentah yang belum diproses, tetapi ada juga yang telah diproses sebelum digunakan untuk proses produksi lainnya lebih lanjut. Definisi material dalam masyarakat modern adalah bahan konsumen yang belum selesai. Beberapa contoh diantaranya adalah kertas dan sutra.

Pengertian Material Menurut Para Ahli

Menurut Callister dan William (2004), material adalah sesuatu yang disusun atau dibuat oleh bahan.

Menurut Mulyadi (2000), material adalah bahan baku yang diolah perusahaan industri dapat diperoleh dari pembelian lokal, impor atau pengolahan yang dilakukan sendiri.

Berdasarkan beberapa pengertian diatas, material adalah beberapa bahan yang dijadikan satu untuk membuat suatu produk atau barang jadi yang lebih bermanfaat.

Material Teknik

Material teknik atau ilmu material/bahan adalah sebuah interdisiplin ilmu teknikyang mempelajari sifat bahan dan aplikasinya terhadap berbagai bidang ilmu dan teknik. Ilmu ini mempelajari hubungan antara struktur bahan dan sifatnya. Termasuk ke dalam ilmu ini adalah unsur fisika terapan, teknik kimia, mesin, sipil dan listrik.

Selain itu, ilmu material juga mempelajari teknik proses atau fabrikasi (pengecoran, pengerolan, pengelasan, dan lain-lain), teknik analisis, kalorimetri, mikroskopi optik dan elektron, dan lain-lain), serta analisis biaya atau keuntungan dalam produksi material untuk industri.

Perkembangan terakhir, ilmu tentang bahan ini mendapat sumbangan yang besar dari majunya bidang nanoteknologi dan mulai diajarkan secara luas di banyak universitas.

Sifat-Sifat Material

Menurut Callister dan William (2004), material mempunyai beberapa sifat yaitu sebagai berikut.
  • Sifat listrik (daya hantar atau conductivity)
  • Sifat kimia (segregasi, ketahanan korosi)
  • Sifat fisik (massa jenis, struktur)
  • Sifat teknologi (mampu mesin, mampu keras)
  • Sifat magnetik (permeabilitas, histeresis)
  • Sifat thermal (panas jenis pemuaian, konduktifitas)
  • Sifat mekanik (kekuatan, kekerasan, nilai impak)

Nah, itulah pengertian mengenai material yang secara umum didefinisikan sebagai bahan mentah untuk bangunan, beserta definisi yang lain. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai material dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "√ MATERIAL adalah Bahan Mentah Untuk Bangunan"

Post a Comment