Pengertian Kapitalis adalah Kaum Bermodal Besar yang Kaya

Istilah nama untuk sebuah kaum bermodal besar yang kaya adalah Kapitalis. Kapitalis erat hubungannya dengan "kapital" atau dalam istilah "kapitalisme" berasal dari bahasa Latin yaitu "caput" yang memiliki arti "kepala". Kapitalisme merupakan gagasan dalam sistem ekonomi yang menjunjung tinggi kebebasan dari sektor swasta. Lalu apa perbedaan kapital, kapitalis, dan kapitalisme

Pengertian Kapitalis, Kapital, dan Kapitalisme

Kapitalis adalah kaum yang bermodal, orang yang bermodal besar, dan golongan atau orang yang sangat kaya. Sedangkan kapital merupakan modal (pokok) dalam perniagaan. Dan Kapitalisme adalah Sistem dan faham ekonomi (perekonomian) yang modalnya (penanaman modalnya, kegiatan industrinya) bersumber pada modal pribadi atau modal-modal perusahaan swasta dengan ciri persaingan dalam pasaran bebas.


Menurut penganut paham kapitalisme, masyarakat yang ideal itu terbentuk dari adanya kebebasan berbisis dan bersaing dalam usaha. Dengan adanya persaingan usaha, bisa membuat kualitas produk dan jasa yang ditawarkan kepada komsumen atau pasar menjadi lebih baik, karena ada persaingan.

Dengan adanya sistem perdagangan yang bebas, membuat setiap orang memiliki hak yang sama dalam mendapatkan keuntungan dari kapabilitas masing-masing. Jika para pengusaha diberi kebebasan dalam berwirausaha atau berbisnis, maka mereka bebas bersaing dan mendapatkan keuntungan yang akan berdampak semakin cepatnya perputaran roda ekonomi.

Dengan demikian, manfaat dari kapitalisme salah satunya akan membuat lapangan kerja semakin luas, dan angka pengangguran semakin berkurang, serta dapat ditekan. Kesempatan untuk berkarya juga tidak dibatasi dan akan menciptakan industri baru yang lahir dari kreativitas.

Contoh Kapitalisme

Kapitalisme sangat banyak sekali contohnya, di Indonesia bentuk kapitalisme yang cukup banyak dikenal adalah eksploitasi sumber daya alam di tanah Papua yang dilakukan oleh perusahaan negara lain (Freeport) atas dasar perjanjian dengan pemerintah pada masa orde baru. Pengerukan sumber daya alam itu masih dilakukan hingga saat ini dan berkat Presiden Jokowi, kini Indonesia berhasil mengambil 51% sahan Freeport.

Selain Freeport, contoh yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari adalah sudah banyaknya Mall, supermarket (Alfamart & Indomart) dan pasar modern lainnya yang terus menggerus pasar tradisional. Karena memang kemudahan, kenyamanan, dan ragam pilihan dari pasar modern lebih disukai oleh banyak orang, walaupun harganya cenderung lebih mahal.

Dengan demikian tidak heran jika Kapitalis atau orang yang bermodal besar yang kaya akan semakin kaya, dan ekonomi menengah ke bawah akan semakin sulit. Sekian dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Pengertian Kapitalis adalah Kaum Bermodal Besar yang Kaya"

Post a Comment