Speechless Artinya Apa? Pengertian Speechless

Pernahkah Anda mendengar kata speechless? Atau baru mendengarkan atau mengetahuinya tapi tidak mengerti artinya. Karena kata speechless berasal dari bahasa Inggris, maka jika di dengar cukup asing di telinga. Tapi kata speechless cukup sering digunakan oleh anak muda dalam berbicara dengan temannya dalam situasi atau keadaan tertentu. Lalu apa itu speechless dan apa artinya? Berikut informasinya.

Apa arti Speechless?

Speechless artinya adalah terdiam. Terdiam disini memiliki maksud tidak bisa berkata-kata, menunjukkan ekspresi kagum akan sesuatu, dan tidak bisa berkata apa-apa.


Speechless merupakan sebuah istilah untuk menunjukkan ekspresi, mimik wajah, dan gestur tubuh yang terdiam karena kehilangan kata-kata akibat suatu hal, bisa disebabkan oleh rasa gugup, terlalu kagum akan sesuatu (mengagumi), takut, lupa dan seolah tidak ada kata yang pas untuk diucapkan.

Salah satu situasi yang membuat seseorang mengalami speechless adalah keadaan ketika mendapat pernyataan cinta dari orang yang juga kita sayangi atau cintai dengan cara yang sangat romantis. Selain itu speechless bisa terjadi ketika kita menemui sesuai yang membuat kita sangat kagum, dan tidak disangka-sangka, sehingga membuat kita terdiam memilikirkan hal tersebut.

Ada juga speechless yang tidak diinginkan seperti saat lupa akan sesuatu yang akan atau harus diucapkan dalam sebuah kontes berbicara (speech), atau terdiam karena ketakutan akan sesuatu yang amat sangat sehingga membuat terdiam.

Pengertian Speechless

Menurut kamus bahasa inggris, speechless memiliki arti terdiam, bungkam, kelu. Terdiam menurut wiktionary adalah bentuk pasif dari mendiamkan (menandakan suatu tindakan yang dilakukan dengan tidak sengaja atau sudah selesai dilakukan).

Imbuhan (ter-) dalam "terdiam" sama dengan imbuhan di- yang membentuk kata kerja pasif. Namun, imbuhan ter- cenderung menyatakan perbuatan yang tidak disengaja. Berikut beberapa contoh mengenai kata terdiam dalam beberapa situasi/keadaan.
  • Terdiam adalah berhenti berbunyi (berkata, bersuara), contohnya: Citra terdiam sebentar, kemudian ia melanjutkan ceritanya.
  • Terdiam adalah berhenti bergerak (tidak bergerak lagi), contohnya: pencopet itu terdiam mendengar bunyi tembakan peringatan

Dengan demikian, speechless adalah situasi ketika tidak ada kata yang pas untuk di ucapkan, merasakan hal yang jarang dirasakan secara tiba-tiba sehingga kata pun tak mampu dirangkai akibat suatu hal yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata.

Share this :

0 Response to "Speechless Artinya Apa? Pengertian Speechless"

Post a Comment