SURINAME: Negara yang Sebagian Penduduknya Bisa Bahasa Jawa

Nama negara yang sebagian penduduknya bisa bahasa jawa adalah SURINAME. Suriname merupakan sebuah negara yang terletak di Amerika Selatan dan merupakan daerah bekas jajahan Belanda (sama seperti Indonesia). Suriname bernama resmi Republik Suriname (Surinam) yang dulu bernama Guyana Belanda (Guiana Belanda) ketika dijajah oleh Belanda.

Suriname menjadi salah satu negara yang dulu ernah dijajah oleh negara Belanda pada masa kolonial. Negara suraname berbatasan dengan Guyana Prancis di bagian timur dan Guyana di bagian barat. Sedagkan di bagian selatan berbatasan dengan Brasil dan di utara berbatasan dengan Samudra Atlantik.

Penduduk Suraname Mayoritas Berpenduduk Suku Jawa

Keunikan dari negara Suriname yang mungkin telah diketahui oleh banyak orang adalah sebagian besar penduduknya berasal dari Indonesia atau lebih tepatnya suku Jawa.


Awal mula kenapa banyak suku jawa yang berada di negara Suriname adalah karena di sekitar tahun 1890, saat Indonesia dan Suriname dijajah oleh Belanda, pemerintah Belanda mendatangkan buruh kontrak dari Jawa ke Suriname. Meraka didatangkan dengan tujuan untuk menggarap perkebunan yang ada di Suriname.

Setelah kontrak mereka selesai, pemerintah Belanda memberikan 3 pilihan kepada mereka (suku Jawa yang ada di negara Suriname) untuk menambah kontrak baru, menjadi petani tetap disana, atau kembali ke negara asal mereka (Indonesia). Sekitar 23 persen orang Jawa waktu itu memilih untuk pulang, namun karena perjalanan awal cukup panjang yaitu sekitar 3 bulan dengan kapal, banyak yang tidak ingin pulang karena alasan capek dan akhirnya mereka tinggal di sana dan beranak pinak hingga saat ini.

Orang-orang jawa yang berada di Suriname beserta keturunannya masih banyak yang memegang kuat adat dan kebiasaan Jawa. Salah satunya adalah komunikasi disana masih ada banyak yang menggunakan bahasa Jawa. Selain itu tata cara berubadah para muslim keturunan Jawa juga masih dipertahankan. Walaupun orang Islam di sana juga cukup banyak, tapi juga ada orang Nasrani, Hindu, dan keturunan Cina.

Share this :

0 Response to "SURINAME: Negara yang Sebagian Penduduknya Bisa Bahasa Jawa"

Post a Comment