9 Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia dan Penjelasannya

Apa fungsi pancasila bagi bangsa indonesia? Pancasila (lima sila) adalah istilah untuk lima sila yang menjadi panduan dan pandangan hidup bagi segenap bangsa Indonesia sejak dari kemerdekaan hingga sekarang ini.  Pancasila merupakan ideologi dasar bagi bangsa Indonesia. Sebagai pendoman dan ideologi bangsa, pancasila memiliki 9 fungsi bagi bangsa Indonesia. Berikut diantaranya.

1. Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa

Pancasila sebagai jiwa bangsa memiliki fungsi agar Indonesia tetap hidup dalam Jiwa Pancasila, karena setiap bangsa atau negara tentunya memiliki jiwa. Dengan demikian, pancasila menjadi jiwa bangsa Indonesia. Pada dasarnya, Pancasila telah berdiri atau ada sejak bangsa Indonesia lahir, yaitu sejark proklamasi kemerdekaan.

2. Pancasila Sebagai Cara Pandang Bangsa

Pancasila menjadi cara pandang bangsa memiliki fungsi agar bangsa Indonesia tetap dan harus berpedoman pada Pancasila baik dalam segala bidang terutama dalam kehidupan sehari-hari. Segala bentuk budaya dan cita-cita moral bangsa Indonesia harus bersumber dari Pancasila. Hal tersebut dilakukan agar tercapainya kesejahteraan lahir dan batin.

3. Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa

Pancasila sebagai kepribadian bangsa memiliki fungsi sebagai sesuatu hal yang memberikan corak khas pada diri bangsa Indonesia dan menjadi pembeda yang membedakan bansa Indonesia dengan bangsa atau negara lain.

4. Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur

Pancasila menjadi perjanjian luhur telah meiliki fungsi yang telah disepakati pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 18 Agustus 1945. Walaupun Pancasila disahkan oleh PPKI, namun PPKI sebenarnya hanya suatu badan yang mewakili suara dari rakyat. Dengan demikian, Pancasila adalah hasil dari perjanjian bersama rakyat.

5. Pancasila Sebagai Sumber Hukum

Pancasila menjaid sumber hukum memiliki fungsi untuk mengatur segala jenis hukum yang berlaku di Indonesia. Jadi, segala jenis hukum di Indonesia harus tunduk dan bersumber dari Pancasila. Setiap sila yang terdapat pada Pancasila merupakan nilai dasar, sedangkan hukum-hukum adalah nilai instrumental (penjabaran dari nilai dasar)

6. Pancasila Sebagai Cita-Cita Bangsa

Pancasila menjadi cita-cita bangsa berfungsi untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur. Masyarakat yang adil dan makmur adalah masyarakat yang bisa merasakan keadilan, kedamaian, ketentraman di lingkungan mereka tinggal. Cara mewujudkannya berasal dari masyarakat itu sendiri, kesadaran mentaati norma dan hukum, yang nantinya akan didukung oleh program pemerintah untuk meningkatkan kemamkuran masyarakat itu sendiri.

7. Pancasila Sebagai Falfasah Hidup Bangsa

Pancasila sebagai falfasah hidup bangsa Indonesia memiliki fungsi untuk mempersatukan bangsa atau seluruh wilayah Indonesia. Karena pancasila dianggap memiliki nilai yang paling benar, adil, dan bijaksana yang diharapkan bisa mempersatukan bangsa Indonesia.

8. Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pancasila menjadi dasar negara berfungsi untuk mengatur segala kehidupan di Indonesia, mulai dari rakyat, wilayah, dan pemerintah. Selain itu, Pancasila juga menjadi penyelenggara negara dan kehidupan negara Indonesia.

9. Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Pancasila menjadi ideologi bangsa befungsi sebagai cara berpikir bangsa Indonesia. Pancasila digunakan menjadi bahan renungan dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Nah, itulah 9 fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia lengkap beserta penjelasan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai fungsi pancasila dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "9 Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia dan Penjelasannya"

Post a Comment