Kebijakan Fiskal adalah Berkenaan Dengan Urusan Pendapatan Negara

Kebijakan fiskal adalah? Istilah untuk sesuatu yang berkenaan dengan urusan pendapatan negara disebut dengan Fiskal. Kata fiskal berasal dari bahasa latin "fiscus" yaitu nama seorang pemegang kuasa atas keuangan pertama pada zaman Romawi kuno. Secara harfiah berarti keranjang atau tas. Adapun kata "fisc" dalam bahasa Inggris berarti pembendaharaan atau pengaturan keluar masuknya uang dalam kerajaan.

Kata fiskal digunakan untuk menjelaskan mengenai sesuatu hal yang berhubungan dengan bentuk pendapatan negara atau kerajaan yang dikumpulkan masyarakat dan kemudian oleh pemerintah dianggap sebagai pendapatan lalu digunakan sebagai pengeluaran dengan program-program untuk menghasilkan pencapaian terhadap pendapatan nasional, produksi, dan perekonomian, serta digunakan sebagai peringkat keseimbangan dalam perekonomian.


Kata fiskal sangat berhubungan dengan yang namanya kebijakan fiskal yang juga diberlakukan di Indonesia. Apa itu kebijakan fiskal? berikut pengertiannya.

Pengertian Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal adalah suatu kebijakan ekonomi untuk mengarahkan kondisi ekonomi menjadi lebih baik melalui pengeluaran dan dan pendapatan negara dalam bentuk pajak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fiskal adalah berkenaan dengan urusan pajak atau pendapatan negara. Sedangkan kebijakan fiskal adalah  suatu hal yang merujuk pada kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk mengarahkan ekonomi suatu negara melalui pengeluaran dan pendapatan yang berupa pajak pemerintah. Kebijakan fiskal berbeda dengan kebijakan moneter, karena tujuannya menstabilkan perekonomian dengan cara mengontrol tingkat bunga dan jumlah uang yang beredar.

Tujuan pemerintah menjalankan kebijakan fiskal dalam suatu negara adalah untuk mempengaruhi jalannya perekonomian atau pemerintah berusaha menarahkan jalannya perekonomian menuju keadaan yang diinginkannnya. Melalui kebijakan fiskal ini, pemerintah dapat mempengaruhi tingkat pendapatan nasional, mempengaruhi kesempatan kerja, mempengaruhi tinggi rendahnya investasi nasional, dan mempengaruhi distribusi penghasilan nasional.

Pengertian Kebijakan Fiskal Menurut Para Ahli

Menurut Zain (2008:12), instrumen utama kebijakan fiskal adalah pengeluaran pemerintah dan pajak, dimana pajak adalah pungutan yang dilakukan oleh negara, baik pemerintah pusat maupun daerah yang diatur oleh undang-undang untuk pembiayaan umum dari pemerintah dalam rangka menjalan fungsi pemerintah dan tidak mengandung unsur imbalan individual oleh pemerintah terhadap pembayaran pajak.

Menurut Haryadi (2014: 82), fiscal policy adalah kebijakan ekonomi yang digunakan pemerintah untuk mengarahkan perekonomian suatu negara ke arah yang lebih baik atau sesuai dengan yang diinginkan dengan cara mengubah penerimaan dan pengeluaran pemerintah.

Menurut Tim Visi Adiwidya (2015:92), pengertian kebijakan fiskal adalah kebijakan yang dibuat oleh suatu pemerintah untuk mengarahkan ekonomi negara melalui pendapatan (pajak) dan pengeluaran negara.

Nah, itulah pengertian mengenai fiskal dan juga kebijakan fiskal baik secara umum maupun menurut para ahli. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Kebijakan Fiskal adalah Berkenaan Dengan Urusan Pendapatan Negara"

Post a Comment