Home » Informasi » TTS » Kriptolog adalah Ahli Pemecah Kode Rahasia dan Ilmu Kriptologi

Kriptolog adalah Ahli Pemecah Kode Rahasia dan Ilmu Kriptologi

1 min read

Istilah untuk orang yang ahli pemecah kode rahasia disebut dengan Kriptolog. Sedangkan untuk ilmu yang digunakan atau dipelajari oleh seorang kriptolog adalah Kriptologi atau dalam bahasa Inggri Cryptologist. Lalu apa itu Kriptologi, dan seperti apakah ilmu kriptologi itu? Berikut informasi lengkapnya.

Pengertian Kriptologi

Kriptologi berasal dari bahasa latin yang terdiri dari “kriptos” yang berarti tersembunyi (rahasia) dan “logos” yang berarti ilmu. Jadi kriptologi adalah ilmu atau seni yang mempelajari semua aspek tulisan rahasia.

Kriptologi adalah gabungan dari ilmu kriptografi dan analisis sandi. Kriptografi merupakan teknik untuk mengamankan data dari sisi kerahasiaan (confidentiality), keabsahan pengirim/penerima (authentication), keaslian data(integrity) dan pertanggung jawaban telah mengirim/menerima (nonrepudiation). Sedangkan analisis sandi Analisis sandi (cryptanalysis, attack) adalah teknik untuk memecahkan algoritma kriptografi.

Secara sederhana kriptologi adalah ilmu atau setudi memecahkan kode, atau keterampilan menganalisis kode dan memecahkannya. Kriptologi bisa dibilang sebagai ilmu yang membahas mengenai persandian. Seorang yang ahli dalam kriptologi disebut dengan kriptolog, yaitu orang yang ahli dalam memecahkan kode rahasia.

Jenis-Jenis Kriptologi

Kriptologi sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu kriptografi dan kriptoanalisis.

  1. Kriptografi adalah cara (sistem, metode) yang mengolah tata tulisan dalam berita sehingga menjadi tata tulisan yang berlainan dan tidak bermakna (incoherent).
  2. Kriptoanalisis adalah usaha mendapatkan teks terang dari suatu teks sandi yang tidak diketahui sistem serta kunci-kuncinya.

Bidang Kriptologi

Kriptologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang komunikasi rahasia. Kriptologi sendiri meliputi dua bidang yang saling berlawanan, yaitu:
1. Pengamanan informasi (information security) meliputi semua metode, termasuk enkripsi, untuk mencegah pihak yang tidak berwenang untuk mendapatkan atau mengubah informasi yang dikomunikasikan dan memastikan berita tersebut berasal dari pihak yang menandatanganinya.
2. Intelijen Sinyal (Signal Intelligence) meliputi semua metode untuk mendapatkan informasi yang dikomunikasikan (seperti penyadapan berita; pengupasan kode; hacking atau pengaksesan secara ilegal ke sebuah komputer; atau menganalisis lalu lintas berita).

Nah, itulah arti mengenai kriptolog yaitu orang yang ahli dalam memecahkan kode rahasia, dan kriptologi yaitu ilmu yang dipelajari oleh kriptolog. Sekian informasi yang dapat saya bagikan mengenai kriptolog dan semoga bermanfaat.

Referensi:
http://matapadi.com/2015/10/09/kriptologi-ilmu-persandian-dalam-intelijen/

Gadget adalah Peranti Elektronik dengan Fungsi Praktis

Istilah untuk nama peranti elektronik dengan fungsi praktis adalah Gadget. Secara sederhana, gadget adalah suatu perangkat elektronik berukuran relatif kecil dengan fungsi praktis dalam penggunaannya....
Admin Admin
1 min read

Iguana adalah Kadal Berukuran Besar yang Hidup di Amerika

Nama kadal berukuran besar yang hidup di amerika adalah Iguana. Iguana merupakan salah satu jenis reptil dalam marga kadal yang hidup di daerah Tropis...
Admin Admin
1 min read

Negara di Sebelah Selatan Belarusia TTS

Nama negara yang berada di sebelah selatan negara Belarusia adalah UKRAINA. Ukraina merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Eropa bagian Timur. Selain berbatasan...
Admin Admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *