√ Lesotho: Negara Didalam Negara Afrika Selatan

Nama negara didalam negara Afrika Sekatan adalah Lesotho. Lesotho, itulah nama sebuah negara kecil yang terkurung atau berada berada di kawasan Afrika Selatan. Bagi sebagian orang, negara ini mungkin sangat asing terdengar dibandingkan negara afrika lain seperti Nigeria, Ghana, Kongo dan lain sebagainya. Yuk! lebih mengenal negara Lestho melalui artikel ini.

Negara Lesotho


Lesotho adalah sebuah atau negara  yang terkurung di Afrika bagian selatan yang spenuhnya dikelilingi oleh negara Afrika Selatan. Negara ini secara resmi bernama Kerajaan Lesotho dan merupakan negara enklave. Enklave merupakan sebutan untuk negara yang dikelilingi oleh wilayah negara lain. Ibukota negara Lestho adalah Maseru yang juga menjadi kota terbesar.

Luas wilayah negara Lesotho adalah sebesar 30.355km² dengan jumlah populasi penduduk sekitar 1.962.461 jiwa. Mayoritas penduduk Lesotho adalah etnis Sotho (99,7%) dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Sesotho dan juga bahasa Inggris. Agama yang dianut oleh penduduk Lesotho adalah agama Protestan dan Katolik Roma.

Sejarah Negara Lestho

Peperangan yang terjadi pada abad ke XIX menyebabkan berbagai penderitaan yang dialami oleh penduduk Afrika, terutama di daerah Afrika bagian selatan. Akibatnya sebagian penduduk tersebut mengungsi ke daerah pegunungan.

Oleh karena itu, akhirnya pada tahun 1820 mereka bersatu kembali menjadi sebuah bangsa Basotho dengan pemimpin pertama yang diangkat menjadi raja adalah Moshoeshoe I. Lesotho. Namun pada tahun 1868 negara ini dijajah oleh negara Inggris dan menjadi kerajaan merdeka pada tahun 1966.

Sebelum dikenal sebagai Basutoland atau negara Koloni Mahkota Inggris, negara ini mendeklarasikan kemerdekannya pada tanggal 4 Oktober 1966 dan menjadi negara berdaulat yang bergabung dengan PBB pada tanggal 17 Oktober 1966. Nama Lesotho memiliki arti "tanah orang-orang yang berbicara bahasa Sesotho"

Geografi Negara Lesotho

Negara Lesotho berdasarkan letak astronomisnya berada diantara 28°-31°LS dan 27°-30°BT dan berbatasan dengan hanya satu negara, yaitu negara Afrika Selatan dan juga menjadi negara yang tidak memiliki garis pantai di benua Afrika.

Negara ini menjadi satu-satunya negara merdeka yang seluruh bagiannya terleyak di atas ketinggian 1.000 meter, karena negara ini terletak diantara pegunungan Drakensberg dan Maloti. Titik terendah negara Lesotho adalah 1.400 km dan lebih dari 80% terletak pada ketinggian melebihi 1.800 m.

Karena berada di tempat yang tinggi, Lesotho memiliki iklim yang tetap lebih dingin sepanjang tahun daripada daerah lain walaupun pada lintang yang sama. Kota Maseru dan sekitarnya sering mencapai suhu 30 °C di musim panas dan bila musim dingin bisa turun hingga -7 °C. Bahkan, pada dataran tinggi bisa sampai -20 °C pada waktu tertentu.

Nah, itulah informasi singkat mengenai negara Lesotho, yaitu negara didalam negara Afrika Selatan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai Lesotho dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "√ Lesotho: Negara Didalam Negara Afrika Selatan"

Post a Comment