Home » Informasi » TTS » Modem adalah Alat Untuk Menghubungkan ke Internet

Modem adalah Alat Untuk Menghubungkan ke Internet

1 min read

Sebuah alat untuk menghubungkan ke internet disebut dengan MODEM. Modem sendiri singkatan dari modulator demodulator yang merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan laptop atau komputer ke jaringan internet. Nah, untuk lebih jauh mengenai apa itu modem, bisa dilihat melalui artikel berikut ini.

Pengertian Modem

Modem (MOdulator DEModulator) adalah sebuah perangkat komunikasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah, sehingga jaringan internet dapat diterima oleh perangkat laptop atau komputer dengan baik.

Dalam KBBI, modem adalah alat modulator dan demodulator yang terpasang pada telepon untuk mengubah informasi digital ke dalam bentuk suara dan sebaliknya

Modulator merupakan rangkaian yang memiliki fungsi untuk melakukan proses modulasi. Modulasi adalah proses menumpangkan data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi atau pesan agar dikirim ke penerima lewat medua tertentu seperti kabel atau udara, dan biasanya hanya berupa gelombang.

Secara sederhana modulator adalah pengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa (carrier signal) untuk dikirimkan. Sedangkan demodulator adalah pemisah antara sinyal informasi dan juga sinyal pembawa (carrier signal), sehingga sinyal informasi/pesan bisa diterima dengan sempurna.

Fungsi Modem

Secara umum fungsi modem adalah untuk menghubungkan komputer atau laptop ke jaringan internet. Namun, secara detail fungsi modem diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengubah sinyal digital menjadi analog ataupun sebaliknya.
  • Menghubungkan perangkat elektronik (komputer dan laptop) ke dalam jaringan internet.
  • Menerjemahkan sinyal melalui proses modulasi dan demodulasi.
  • Mengompres data yang dikirim melalui sinyal.
  • Memeriksa paket data internet untuk komunikasi (modem eksternal)

Jenis Modem

Secara umum, modem dibagi menjadi dua jenis, yaitu modem internal dan model eksternal. Berikut penjelasan mengenai modem internal dan modem eksternal.

1. Modem Internal

Modem internal merupakan sebuah modem yang letaknya di dalam, umumnya terpasang langsung di dalam CPU sebuah komputer. Modem internal berbentuk sebuah card yang dipasang dalam salah satu slot di motherboard di CPU.

Jika menggunakan modem internal, indikator yang menunjukkan status modem tidak terlihat karena letaknya di dalam CPU. Akan tetapi, modem akan langsung aktif jika sudah terhubung dengan tegangan daya dari CPU.

2. Modem Eksternal

Modem eksternal merupakan modem yang cara penggunaanya dipasang di luar CPU. Biasanya untuk menghubungkan modem ini dengan komputer atau laptop dilakukan melalui port USB. Keuntungan menggunakan modem ini bisa dilakukan kapan saja tanpa harus membongkar PC, karena memang penggunaanya melalui port USB di luar.

Selain itu, modem eksternal umumnya memiliki lampu indikator yang bisa membuat penggunaanya paham dalam memonitor status modem. Namun, kekurangan dari modem eksternal harganya lebih mahal

Nah, itulah pengertian modem yaitu alat yang digunakan untuk menghubungkan ke internet. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Gadget adalah Peranti Elektronik dengan Fungsi Praktis

Istilah untuk nama peranti elektronik dengan fungsi praktis adalah Gadget. Secara sederhana, gadget adalah suatu perangkat elektronik berukuran relatif kecil dengan fungsi praktis dalam penggunaannya....
Admin Admin
1 min read

Iguana adalah Kadal Berukuran Besar yang Hidup di Amerika

Nama kadal berukuran besar yang hidup di amerika adalah Iguana. Iguana merupakan salah satu jenis reptil dalam marga kadal yang hidup di daerah Tropis...
Admin Admin
1 min read

Negara di Sebelah Selatan Belarusia TTS

Nama negara yang berada di sebelah selatan negara Belarusia adalah UKRAINA. Ukraina merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Eropa bagian Timur. Selain berbatasan...
Admin Admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *