Mutan adalah Makhluk Hidup yang Mengalami Mutasi

Mutan adalah? Istilah untuk makhluk hidup yang mengalami mutasi disebut dengan MUTAN. Sebutan Mutan untuk makhluk hidup yang mengalami proses mutasi dibenarkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia "mutan/mu·tan/ n makhluk hidup yang mengalami mutasi." Apa itu mutan sebenarnya? Sebelum masuk ke pembahasan mutan, kita bahasa lebih dulu apa itu mutasi.

Apa itu Mutasi?

Mutan merupakan hewan yang mengalami mutasi (kelainan tubuh), lalu apa yang dimaksud dengan mutasi? Dalam biologi, mutasi adalah suatu perubahan yang terjadi pada bahan genetik di tingkatan gen dan kromosom. Mutasi tingkat gen biasanya disebut dengan mutasi titik, sedangkan mutasi pada kromosomal disebut dengan aberasi.


Mutasi pada tingkat gen mengarah pada munculnya alel baru dan menjadi titik awal munculnya variasi baru pada suatu spesies. Umumnya, mutasi terjadi pada frekuensi rendah di alam dan biasanya lebih rendag daripada 1 banding 10.000 individu. Mutasi yang terjadi di alam diakibatkan oleh zat pembangkit mutasi itu sendiri, seperti muagen, radiasi surya, sinar X, loncatan energi listrik seperti petir dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, individu yang memperlihatkan perubahan sifat akibat mutasi disebut dengan mutan. Dalam beberapa kajian genetik, mutan umumnya dibandingkan dengan individu yang tidak mengalami perubahan sifat atau tipe liar (wild type)

Pengertian Mutan

Mutan adalah sebuah organisme atau makhluk hidup yang mengalami mutasi karena dipengaruhi atau disebabkan oleh mutagen alami, seperti sinar UV, sinar kosmis, zatradioaktif, dan lain sebaainya. Selain mutagen alami, mutan juga dipengaruhi oleh mutagen kimia, seperti sinar X, sinar alfa, kolkisin, gamma, beta, dan lain sebagainya.

Dalam biologi, mutan didefinisikan sebagai organisme dengan karakter genetik baru yang tercipta karena adanya mutasi didalamnya, seperti perubahan DNA. Selain itu, mutan adalah organisme individu yang mengalami perubahan sifat yang diakibatkan oleh mutasi.

Jenis Mutasi

Dalam prosesnya, mutasi dibedakan menjadi 2 macam, yaitu mutasi semiotic dan mutasi berdasarkan sel. Mutasi semiotic adalah proses mutasi yang terjadi pada sel sematik atau sel yang ada pada tubuh individu. Sedangkan mutasi yang kedua adalah mutasi genetik, dimana sel ini berhubungan dengan organ reproduksi baik itu sperma atau ovum yang ada pada manusia.

Macam-Macam Mutasi

Mutasi memiliki beberapa macam tergantung dari bagian mana yang bermutasi.  Berikut diantaranya.
  • Mutasi titik, yaitu perubahan yang terjadi pada "basa N" baik itu di DNA atau RNA.
  • Mutasi aberasi, yaitu mutasi yang terjadi karena adanya perubahan pada kromosom dan juga urutan gen.
  • Mutasi Aneuploidi, yaitu mutasi yang terjadi karena adanya perubahan pada "N".
  • Mutasi Aneusomi, yaitu mutasi yang terjadi karena adanya perubahan pada jumlah kromosomnya.
  • Mutasi delesi, yaitu mutasi yang terjadi karena patahnya fragme kromosom dan hilang pada saat ada aktivitas pembelahan sel.

Nah, itulah pengertian mengenai mutan dan mutasi beserta jenis dan macam-macam mutasi. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai definisi mutan dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Mutan adalah Makhluk Hidup yang Mengalami Mutasi"

Post a Comment