Pengertian Anarki adalah Kekacauan Dalam Suatu Negara

Istilah untuk kekacauan dalam suatu negara adalah Anarki. Secara etimologi anarki adalah sebuah kata serapan dari anarchy (dalam bahasa inggris), anarchie (dalam bahasa Belanda/Jerman/Perancis), dan juga mengambil dari bahasa Yunani anarchos/anarchia.

Kata tersebut merupakan bentukan dari "a" (tidak/tanpa/nihil) yang disipi "n" dengan archos/ archia (pemerintah/kekuasaan). Jadi, Anarchos/anarchia adalah tanpa pemerintahan. Sedangkan anarkis adalah orang yang menganut dan mempercayai anarki.

Pengertian Anarki

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anarki didefinisikan sebagai hal tidak adanya pemerintahan, undang-undang, peraturan, atau ketertiban, dan kekacauan dalam suatu negara.


Sedangkan dalam teori hubungan internasional, anarki merupakan sebuah konsep dimana sistem dunia tidak mempunyai pemimpin, tiada ada pemerintahan yang beradaulat secara universal atau pemerintah dunia. Karena tidak adanya kekuatan yang superior secara hierarkis yang dapat menyelesaikan berbagai masalah, pemberlakukan hukum atau menata sistem seperti politik dalam negeri. Anarki dalam hubungan internasional adalah titik awal teori hubungan internasional.

Beberapa para ilmuan politik, memekai kata "anarki" untuk menyebut dunia dalam ketidakteraturan, kekacauan, dan konflik. Sedangkan ilmuan lain melihat anarki sebagai cerminan sistem internasional bagi negara-negara yang merdeka tanpa adanya pemerintah pusat di atasnya.

Pengertian Anarkisme

Anarkisme adalah sebuah ideologi atau filsafat politik yang menganjurkan masyarakat tanpa negara. Anarkisme juga sering didefinisikan sebagai lembaga sukarela yang mengatur diri sendiri, dan sebagai lembaga yang lebih spesifik berdasarkan asosiasi bebas non-hierarkis.

Anarkisme merupakan sebuah ideologi yang berpegangan pada konsep bahwa negara menjadi tidak diinginkan, tidak perlu dan berbahaya. Seorang anarkis biasanya akan menentang otoritas atau organisasi hierarki dalam pelaksanaan hubungannya dengan manusia, sehingga tidak terbatas pada sstem negara saja.

Pengertian Anarkis

Anarkis adalah istilah untuk orang yang menganut dan mempercayai anarki (anarkisme). Para anarkis umumnya membenci pemerintah, kemudian mereka menyebarkan berbagai propaganda yang menjelekkan pemerintah. Sedangkan secara umum anarkis sangat berhubungan dengan kekerasan yang dilakukan oleh kelompok atau orang banyak.

Apakah anarkis membenarkan penggunaan kekerasan?
Dalam beberapa kasus, kekerasan dapat digunakan sebagai upaya terakhir dalam konteks untuk membebaskan diri dari tirani, bukan dalam konteks untuk menegakkan atau teror sekelompok individu untuk mengalah dalam suatu keyakinan atau prinsip tertentu.

Namun demikian, anarkis yang memilih untuk tidak menggunakan kekerasan sama sekali dalam melawan tirani pemerintah. Anarkis ini dikenal sebagai pasifis, dan mereka percaya bahwa non-kekerasan resistensi yang kuat seperti kekerasan.

Nah, itulah pengertian mengenai anarki yaitu kekacauan dalam suatu negara. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai anarki, anarkisme, dan anarkis. Semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Pengertian Anarki adalah Kekacauan Dalam Suatu Negara"

Post a Comment