Permainan Bola Voli Diciptakan Oleh William G. Morgan

Siapa penemu permainan bola voli? sebelum masuk ke penemu bola voli, apa itu Bola Voli? Bola voli (Volleyball) adalah salah satu permainan olahraga bola besar yang dimainkan oleh dua grup yang saling berlawanan. Setiap grup berisi enam orang pemain, tapi untuk variasi bola voli pantai hanya diisi oleh dua orang pemain dalam setiap gerup.

Bola voli menjadi olehraga menggunakan bola besar yang resmi dan dinaungi oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional. Sedangkan di Indonesia, bola voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan.

Siapa William G. Morgan?

Pencipta permainan bola voli adalah William G. Morgan. William G. Morgan adalah tokoh yang berasal dari Amerika Serikat yang dikenal sebagai pencipta permainan olahraga bola voli. William G. Ia lahir di New York pada tahun 1870 dan meninggal pada tahun 1942.


William G. Morgan sewaktu muda kuliah di Springfield College yang dikelola YMCA (Young Men's Christian Association). Sewaktu belajar disana ia bertemu dengan penemu pencipta permainan bola bakes yaitu James Naismith. Pada tahun 1895, William G. Morgan lulus dan kemudian bekerja sebaai Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA di Massachusetts.

Sewaktu bekerja di YMCA (Massachusetts), ia kemudian menciptakan sebuah permainan menggunakan bola yang diberi nama Mintonette. Bola yang digunakan tidak seberat bola basket agar cocok dimainkan oleh orang-orang yang lebih tua. Bola tersebut dirancang berdasarkan bola yang berasal dari jerman "faustball" yang kemudian berganti nama menjadi Volleyball (bola voli).

Sejarah Bola Voli

Pada awalnya permainan bola voli diberinama Mintonette yang ditemukan oleh William G. Morgan saat bekerja di pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) di YMCA pada tanggal 1895 di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat).

Bola voli saat masih bernama Mintonette, pada awalnya diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan yang menggunakan bola, diantaranya bola basket, tennis, baseball, dan juga bola tangan (handball). Pada awalnya olahraga ini dikhususkan bagi para anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga bola yang dibuat dan digunakan tidak seberat bola basket.

Baca juga: Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya

Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi di tahun 1896 ada saat demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada saat itu Dr. Luther Halsey Gulick (Director YMCA) meminta morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampur baru.

Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dan membentuk dua tim yang masing-masing berisi lima orang. Pada kesempatan tersebut morgan juga menjelaskan permaianan bola voli dan menyatakan bahwa permainan tersebut bisa dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan leluasa.

Berdasarkan penjelasannya, permainan ini bisa dimainkan oleh banyak orang atau pemain, serta tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan cara bermainnya adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi dari satu wilayah ke wilayah lain atau wilayah lawan.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai bola boli beserta sejarah dan pencipta bola voli. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai bola voli dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Permainan Bola Voli Diciptakan Oleh William G. Morgan"

Post a Comment