Sugesti adalah Pengaruh yang Dapat Menggerakkan Hati Orang

Apa itu sugesti? Secara sederhana sugesti adalah pengaruh yang dapat menggerakkan hati orang. Kata sugesti sendiri merupakan kata serapan dalam bahasa Indonesia dari bahasa Inggris "suggestion". Kata suggest dalam kehidupans sehari-hari lebih mengacu pada kata saran atau secara harfiah berarti "memberi saran" kepada orang lain. Sedangkan kata suggestion lebih mengacu kepada pikiran.

Pengertian Sugesti

Sugesti adalah suatu proses yang diberikan seorang individu kepada individu lain, sehingga orang yang diberi sugesti tersebut menuruti atau melaksanakan apa yang disugestikan tanpa berpikir kritis dan rasional.

Selain itu sugesti juga diartikan sebagai rangsangan, pengaruh, stimulus yang diberikan sesorang individu kepada individu lain, sehingga orang yang diberi sugesti menuruti atau melaksanakan tanpa berpikir kritis dan rasional.


Menurut Wikipedia.org, sugesti adalah prose psikologis dimana seseorang membingungkan pikiran, perasaan atau perilaku orang lain. Sedangkan menurut KBBI, sugesti adalah pendapat yang dikemukakan (untuk dipertimbangkan), seperti anjuran atau saran, pengaruh, dorongan dan sebagainya yang dapat menggerakkan hati orang dan sebagainya.

Jenis-Jenis Sugesti

Menurut John Kappas, sugesti dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu sebagai berikut.

1. Sugestibilitas emosional (emotional suggestibility)

Sugesti ini merupakan karakteristik sugestibilitas seseorang yang lebih menitik beratkan perhatiannya pada penerimaan sugesti berdasarkan makna yang terkandung (makna implisit) didalam sugesti tersebut menurut kesimpulannya sendiri.

Seseorang yang mempunyai karakter sugestibilitas seperti ini cenderung memberikan reaksi lebih besar terhadap sugesti-sugesti yang bernuansa emosional dibandingkan dengan sugesti-sugesti yang membutuhkan respon fisik dan akhirnya menjadi reaksi fisik.

2. Sugestibilitas fisik (physical suggestibility)

Sugesti ini merupakan karakteristik sugestibilitas seseorang yang lebih menitikberatkan  perhatiannya pada penerimaan sugestisecara langsung dan lateral (makna eksplisit). Seseorang yang mempunyai karakter sugestibilitas seperti ini cenderung memberikan reaksi lebih besar terhadap sugesti-sugesti yang membutuhkan sensasi fisik dan akhirnya menjadi respon emosional.

3. Sugestibilitas intelektual (intellectual suggestibility)

Sugesti ini merupakan karakteristik sugestibilitas seseorang yang sangat analitis, dengan kecenderungan sugestibilitas emosional secara ekstrem dan tanpa sedikit sekali kecenderungan terhadap sugestibilitas fisik. Tipe sugestibilitas yang sebenarnya relative jarang dijumpai ini cenderung merasa khawatir akan hilangnya control terhadap dirinya sendiri, serta selalu menganalisis sugesti yang diberikan oleh pemandu hypnosis dan merasionalisasinya.

Untuk memberikan sugesti orang yang bertipe seperti ini digunakan proses induksi dengan memintanya mengulangi kembali semua perkataan yang diucapkan oleh hipnoterpis (auto dual method), agar klien tidak sempat menganalisis sugesti-sugesti yang diberikannya.

Contoh Sugesti

Berikut beberapa contoh sugesti dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Dalam suatu rapat osis, ada seorang yang berpendapat berbeda terhadap suatu masalah. tetapi karena semua temannya setuju. maka ia pun mengubah pendapatnya.
  2. Seorang ibu menyuruh anaknya yang sedang bermain api untuk menjauh. Karena sang anak juga tau bahwa itu berbahaya, ia pun menuruti apa yang ibunya katakan.
  3. Kelompok mayoritas terhadap kelompok minoritas. Misalnya dalam suatu rapat OSIS, ada seorang yang berpendapat berbeda terhadap suatu masalah. Tetapi karena semua teman-temannya setuju, maka ia pun mengubah pendapatnya.
  4. Reklame atau iklan di media massa. Contoh, iklan yang menggambarkan suatu produk deterjen mampu menghilangkan noda dalam hitungan detik dapat menggiring pendengar atau penonton untuk membeli produk itu karena terpengaruh.
  5. Iklan susu formula sebenarnya kita meragukan kebenaran iklan tersbut. Tetapi, karena kita melihat dan mendengarnya hampir setiap 1 jam sekali tanpa bisa bertanya dan tahu kebenaranya, kita pun membelinya.

Nah, itulah pengertian mengenai sugesti yang dapat saya bagikan untuk Anda lengkap beserta macam dan contohnya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai sugesti dan semoga bermanfaat.


Referensi:

https://brainly.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sugesti
https://imadeyudhaasmara.wordpress.com/

Share this :

0 Response to "Sugesti adalah Pengaruh yang Dapat Menggerakkan Hati Orang"

Post a Comment