Tasmania adalah Pulau di Australia Bagian Selatan

Nama pulau di Australia bagian selatan adalah Pulau Tasmania. Tasmania adalah sebuah pulau dan negara bagian Australia dengan nama yang sama. Negara bagian ini memiliki wilayah daratan dengan luas 22.357 km² dan populasi 484.700 jiwa (2005). Pulau Tasmania letaknya 200 km di sebelah selatan Daratan Australia yang dipisah oleh Selat Bass. Negara Tasmania juga mengelola pulau lainnya yang lebih kecil, diantaranya Pulau Macquarie.

Ibukota Tasmania

Negara bagian Tasmania beribu kota Hobart. Ibu kota tersebut didirikan pada tahun 1804 sebagai koloni hukuman, dan merupakan kota tertua kedua dan terbesar ke-12 di Australia. Kota ini merupakan kota metropolitan dengan penduduk sekitar 200.000. Kota ini merupakan usat finansial dan pemerintahan Tasmania, serta terdapat pelabuhan.

Hewan Khas Tasmania

Apakah Anda mengetahui tokoh kartun "Tasmanian Devil" dalam disney. Tokoh kartun tersebut ternyata adalah adaptasi dari hewan endemik Pulau Tasmania dengan nama yang sama yaitu Tasmanian Devil. Hewan tersebut hanya bisa ditemukan di Pulau Tasmania, namun fosilnya pernah ditemukan di daratan Australia.


Tasmanian merupakan binatang berjenis marsupialia karnivora yang hanya terdapat di Pulau Tasmania, Australua. Tasmanian Devil merupakan salah satu anggota genus Sarcophilus yang masih hidup hingga sekarang ini. Binatang ini berukuran kecil seukuran anjing kecil, tetapi badannya terlihat kekar dan berotot.

Tasmanian Devil merupakan hewan golongan karnivora dan menjadi marsupialia karnivora terbesar di dunia. Ciri yang paling menonjol dari Tasmanian Devial atau bahasa Indonesia Setan Tasmania adalah berbulu hitam, dengan garis horizontal putih di bagian depan. Selain itu setan tasmanian bisa mengeluarkan bau yang kuat bila sedang terancam atau ketakutan, dengan suara yang keras dan cukup menganggu. Terlebih lagi hewan ini akan sangat agresif dan berbahaya jika sedang mengasuh anak-anaknya.

Pada dasarnya Tasmanian Devil hidup secara soliter, namun kadang-kadang juga bersama dengan tasmanian devil lainnya jika sedang makan. Makanan utama dari hewan ini adalah bangkai-bangkai binatang besar atau sisa pemburuan binatang lain. Setan tasmania menjadi musnah di daratan Australia sekitar 400 tahun sebelum Pemukiman Bangsa Eropa pada tahun 1788. Mereka diburu karena dianggap mengancam hewan ternak sapi di Tasmania, hingga tahun 1941 mereka resmi dilindungi.

Pada tahun 1990-an terjadi penyakit tumor muka pada tasmanian devil yang membuat populasinya turun drastia dan kini terancam punah. Oleh karena itu, sekarang pemerintah melakukan beberapa program untuk mengurangi dampak penyakit ini dan mencegah punahnya tasmanian devil atau setan tasmania. 

Sekian informasi yang dapat saya bagikan mengenai negara tasmania beserta hewan endemiknya, yaitu pulau di  Australia bagian selatan. Semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Tasmania adalah Pulau di Australia Bagian Selatan"

Post a Comment