Teripang adalah Binatang Laut Berkulit Duri

Nama binatang laut berkulit duri disebut Teripang. Timun laut atau teripang adalah nama yang diberikan untuk hewan invertebrata Holothuroidea atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang yang bisa dimakan. Trepang tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia dan pasti ada di semua laut zona pasang surut hingga laut terdalam sekalipun seperti di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik Barat.

Apa itu Tripang?


Tripang merupakan sebuah hewan laut yang bergerak lambat, hidup di dasar substrat pasir, lumpur pasiran, dan di dalam lingkungan terumbu karang. Teripang adalah salah satu komponen terpenting dalam rantai makanan di sekitar terumbu karang dan ekosistem asosiasinya di tingkat struktur pakan (trophic levels).

Teripang dikatan penting, karena berperan sebagai pemakan deposit (deposit feeder) dan juga pemakan suspensi (suspensi feeder). Di wilayah Indo-Pasifik ang tidak mengalami tekanan eksploitasi, kepadatan dari teripang bisa mencapai 35 per m2, dimana setiap teripang bisa memproses 80 gram berat kering sedimen setiap hari.

Jenis Teripang

Teripang mempunyai jenis yang cukup banyak, namun beberapa jenis teripang yang mempunyai nilai ekonomis penting adalah sebagai berikut.
  • Teripang putih (Holothuria scabra)
  • Teripang koro (Microthele nobelis)
  • Teripang pandan (Theenota ananas)
  • Teripang dongnga (Stichopu ssp)

Manfaat Teripang

Hewan laut berbentuk seperti cacing atau ulat yang cukup besar dan berbadan lunak ini ternyata dijadikan sebagai obat oleh orang China untuk berbagai penyakit. Karena memang teripang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mampu melawan kanker
  2. Membantu mengatasi masalah gusi
  3. Mengandung protein tinggi
  4. Menjaga kesehatan jantung dan hati
  5. Mengandung zat antibakteri
  6. Mencegah keriput pada kulit
Nah, itulah beberapa manfaat dari teripang untuk kesehatan, untuk lebih lengkapnya bisa baca di hellosehat.com. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai teripang yaitu binatang laut berduri dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Teripang adalah Binatang Laut Berkulit Duri"

Post a Comment