Tripod adalah Alat Penyangga Kamera Berkaki Tiga

Istilah atau nama untuk alat penyangga kamera berkaki tiga disebut TRIPOD. Tripod adalah salah satu aksesoris kamera berbentuk stan berkaki tiga (tiga kaki) yang biasanya digunakan oleh para fotografer untuk menopang body kamera saat memotret. Dengan adanya tripod memotret menggunakan kamera akan lebih mudah, nyaman, dan sempurna.

Pengertian Tripod

Secara singkat, tripod adalah alat penyangga kamera berkaki tiga. Sedangkan untukalat stan yang digunakan untuk membantu agar body (badan) kamera bisa berdiri sendiri dengan tegak dan tegar. Kegunaan tripod yang paling umum adalah untuk mengurangi kelelahan para fotografer dalam mengambil gambar dan mengurangi noise yang ditimbulkan oleh guncangan tangan fotografer.


Tripod biasanya dipakai oleh para fotografer jika menggunakan shutter speed di angka 30 atau lebih lambar dan mengunakan lensa kamera focal lenght lebih dari 200 mm. Selain itu, tripod juga bisa meningkatkan ketajaman pada foto yang dihasilkan saat menggunakan pengaturan ISO rendah dan shutter speed rendah. Tripod juga cukup membantu dalam mengurangi guncangan pada kamera sehingga lebih stabil dan manghasilkan foto yang lebih bagus.

Tripod sangat baik dalam menahan berat kamera, terutama jenis kamera DSLR yang menggunakan lensa Tela. Karena jenis ini cukup berat dan cukup membuat kelelahan dalam memotret sebelum momen menarik datang. Tripod juga bisa membantu memotret objek orang banyak atau grup orang.

Fungsi Tripod

Tripod atau kaki tiga memiliki fungsi yang cukup banyak dalam aktivitas mengabadikan objek. Berikut fungsi tripod yang paling umum.
  1. Mengurangi kelelahan pada saat menggunakan kamera akibat menopang beban kamera.
  2. Membantu pemotret dalam mencapai angel yang sulit dalam pemotretan landscape.
  3. Bisa digunakan untuk melakukan pemotretan shutter speed rendah dan pemotretan long exposure.
  4. Bisa digunakan untuk pemotretan fotografi mikro.
  5. Bisa digunakan untuk pemotretan dalam menghasilkan foto HDR.
  6. Dapat digunakan untuk mempertajam gambar pada saat melakukan focal length yang panjang.
  7. Bisa digunakan untuk pemotretan dengan fitur waktu atau timer.

Jenis-Jenis Tripod

Jika tripod adalah penyangga kamera berkaki tiga, maka ada juga monopod. Apa itu monopod? Monopod adalah penyangga badan kamera berkaki satu, yaitu sebuah tongkat atau tiang tunggal yang berfungsi untuk mengangga kamera. Tidak cuman kamera monopod juga bisa digunakan untuk menyangga teropong, senapan, dan juga peralatan presisi lainnya. Pada perkembangannya, monopod dimodifikasi menjadi tingkat narsis.

Nah, itulah pengertian mengenai tripod adalah alat penyangga kamera berkaki tiga. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai tripod dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Tripod adalah Alat Penyangga Kamera Berkaki Tiga"

Post a Comment