4 Semangat dan Komitmen Peristiwa Sumpah Pemuda

Semangat dan Komitmen Peristiwa Sumpah Pemuda - Semangat Sumpah Pemuda mencapai puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 pada saat Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan  Indonesia. Kemerdekaan memberikan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-citanya sebagai masyarakat yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Semangat Sumpah Pemuda harus tetap ada walaupun setelah kemerdekaan bangsa Indonesia telah diraih. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan hancur apabila bangsa Indonesia tidak lagi memiliki semangat bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu yaitu bahasa Indonesia. berikut, semangat dan komitmen peristiwa sumpah pemuda.

Semangat dan Komitmen Peristiwa Sumpah Pemuda


1. Sumpah pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda. Suatu semangat yang di bungkus dan di bangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita, serta komitmen untuk senasib sepenanggungan sebagai suatu bangsa. Satu tanah air yang pertama-tama ditandai dengan disepakatinya bahasa universal antar bahasa, bahasa indonesia.

2. Semangatlah yang terkadang menjadi dorongan para pemuda untuk melakukan sesuatu yang luar biasa. Tentunya generasi mudalah kelak yang akan mewarisi dan melanjutkan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita suatu bangsa. Sumpah pemuda merupakan tonggak awal komitmen para pemuda pada masa itu untuk mencapai tujuan yakni kemerdekaan bagi Indonesia, sehingga terciptalah ikrar sumpah pemuda yang telah membawa bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

3. Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Seperti kita telah ketahui, ada tiga butir penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Tiga hal ini merupakan faktor penting bagi negara kita. Semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda masa kini. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi nusa dan bangsa.

4. Semangat generasi muda, jika melihat para pemuda yakni ada sesuatu yang khas dalam diri meeka yakni semangat. Semangatlah yang menjadi dorongan bagi para pemuda untuk melakukan sesuatu yang luar biasa. Tentunya pada saat sumpah pemuda, semangat juga ikut berperan. Karena semangat pemuda saat itu berhasil menjalankan kongres pemuda dengan titik temu sumpah pemuda.

Nah, itulah 4 semangat dan juga berkomitmen dalam peristiwa Sumpah Pemuda. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai sumpah pemuda dan semoga bermanfaat.

Referensi: brainly.co.id

Share this :

0 Response to "4 Semangat dan Komitmen Peristiwa Sumpah Pemuda"

Post a Comment