Aamiin Allahumma Aamiin Artinya dan Tulisan Arab

Apa arti Aamiin Allahumma Aamiin? Kalimat tersebut merupakan akhiran dari sebuah do'a yang sering dipanjatkan ketika seorang muslim berdo'a kepada Allah Swt. Disadari atau tidak, bahwa berdo'a termasuk ibadah yang tidak membutuhkan tenaga dan biaya. Kita tinggal menengadahkan kedua tangan, lalu meminta sesuatu kepada Allah Swt., selesai.

Lalu tentang nanti dikabulkan atau tidaknya permintaan kita, itu bukan urusan seorang hamba. Intinya Allah Swt. menyuruh hambanya untuk berdo'an dan akan mengabulkan do'a-do'a hamba-Nnya tersebut.

Banyak sekali ayat dalam Al-Qur'an yang memerintahkan kita untuk berdo'a kepada Allah Swt., diantaranya adalah firman Allah dalam Surat Al-A’raf Ayat 55 berikut ini.

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

Artinya: "Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." (QS. al-A’raf: 55)

Kalimat aamiin allahumma aamiin hampir sama dengan kalimat Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin yang artinya kabulkanlah do’a kami, yaa Allah engkaulah pengabul do’a. Sedangkan untuk aamiin allahumma aamiin bisa dilihat di bawah ini.

Aamiin Allahumma Aamiin artinya?


Kalimat Aamiin Allahumma Aamiin (آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن) dalam bahasa Arab artinya adalah kabulkanlah ya Allah kabulkanlah. Kalimat tersebut erat kaitannya dengan berdo'a kepada Allah Swt. agar apa yang dimohonkan itu dikabulkan.

Maka dari itu tidak alasan lagi bagi kita untuk tidak memperbanyak do'a kepada Allah Swt., dengan berdo'a kita juga mendapatkan beberapa keutamaan dari Allah Swt. Setidaknya terdapat tujuh keutamaan doa'Syekh Kholid Al-Husainan dalam kitab Aktsaru min Alfi Da’wah f al-Yaumi wa al-Laili, (h. 5-6) yaitu sebagai berikut.
  1. Do'a merupakan bentuk penghambaan dan ketaatan kepada Allah Swt. atau dalam artian doa termasuk bagian dari ibadah.
  2. Doa bisa menjadi perantara untuk menolak bencana sebelum ia turun atau menjadi sebab terangkatnya bencana tersebut apabila sudah turun.
  3. Buah atau hasil dari berdo'a sudah dijamin oleh Allah Swt. Dalam artian tidak ada do'a yang sia-sia. Bisa saja doanya cepat terkabul sebagaimana yang diminta. Bisa juga ia menjadi simpanan kelak di akhirat. Atau bisa saja doa tersebut menajadi penolak keburukan yang akan menimpanya.
  4. Doa menjadi sebab untuk tegar dan mendapatkan pertolongan dari Allah Swt. atas musuh atau dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  5. Doa menjadi tanda atau dalil dari keimanan yang berdoa.
  6. Doa tanda kepasrahan dalam diri. Dalam artian orang yang berdoa berarti tawakkal kepada Allah Swt. Ia sudah memasrahkan semua urusannya kepada Allah Swt. mau dibagaimanapun juga bakal menerima.
  7. Dengan berdoa akan terhindar dari murka Allah Swt. Dalam artian orang yang berdoa kepada Allah Swt. mengaku bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan sedikitpun dalam hidup. Hidupnya tergantung bagaimana takdir Allah Swt. dengan berdoa ia menyadari keterbatasan yang ada dalam dirinya.

Nah, itulah arti dari Aamiin Allahumma Aamiin, yaitu kabulkanlah ya Allah kabulkanlah yang bisa dipakai dari do'a kita.  Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai kalimat dalam agama Islam dan semoga bermanfaat.

Referensi:
https://tafsirweb.com/2509-surat-al-araf-ayat-55.html
https://bincangsyariah.com/zikir-dan-doa/keutamaan-berdoa-ada-tujuh-menurut-ulama-apa-saja/

Share this :

0 Response to "Aamiin Allahumma Aamiin Artinya dan Tulisan Arab"

Post a Comment