Aamiin Ya Robbal Alamin Tulisan Arab dan Artinya

Aamiin ya robbal alamin Arab dan Artinya - Kalimat tersebut merupakan kalimat yang sering diucapkan dalam do'a seorang muslim kepada Allah Swt. sesuai apa yang dimintanya. Kalimat tersebut umumnya berada di akhir suatu doa yang dipanjatkan sebelum mengusap wajah menggunakan tangan.

Sebagai seorang muslim atau umat islam, kita diperintahkan oleh Allah Swt. untuk berdo'a kepadanya. Doa termasuk ke dalam salah satu jenis ibadah yang paling agung, dan tidak membutuhkan tenaga, serta biaya. Walaupun begitu masih banyak sekali umat Islam yang melupakan dan meninggalkannya.

Do'a juga menjadi salah satu bentuk alat komunikasi kita dengan Allah Ta'ala yang paling baik. Selain itu, doa juga memiliki beberapa keutamaan atau keistimewaan. Allah Swt. memerintahkan hamba-hambta untuk berdo'a kepada-Nya, seperti dalam firman Allah surat Al-Baqarah ayat 186:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Dalam berdo'a mengenai apapun, dibagian akhir atau setelah doa umumnya akan diucapkan lafads "Aamiin ya robbal alamin". Lalu apa arti dari kalimat tersebut? Berikut informasinya!

Aamiin Ya Robbal Alamin Arab dan Artinya


Kalimat Aamiin ya rabbal ‘alamin (آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن) dalam bahasa Arab artinya adalah kabulkanlah do'a kami yaa Allah, engkaulah pengabul do'a. Kalimat tersebut umumnya diucapkan oleh umat muslim setelah berdoa, mendengar ucapan baik dan menginginkan sesuatu. Jadi setelah berdo'a silahkan baca kalimat tersebut, karena memiliki makna yang sangat bagus.

Biasanya setelah berdo'a dan membaca Aamiin ya rabbal ‘alamin, akan dilanjutkan dengan mengusap wajah. Kalimat Aamiin ya Robbal Alamin juga hampir sama dengan kalimat Aamiin Allahumma Aamiin yang artinya kabulkanlah ya Allah kabulkanlah.

Keutamaan Berdo'a kepada Allah Swt.

Berdo'a selain diperintahkan oleh Allah Swt., juga memiliki keutamaan lain yang masih belum banyak orang yang tahu. Diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Allah Ta’ala memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk berdoa kepada-Nya.
  2. Doa adalah inti ibadah.
  3. Doa dapat menolak bala dan menghidarkan seseorang darinya.
  4. Allah akan selalu bersama orang yang berdoa kepada-Nya.
  5. Tiada yang dapat menolak keputusan (qadha`) Allah Ta’ala kecuali doa.

Dengan berdo'a memiliki arti menitipkan pahala dan ganjaran kepada Allah Ta'ala, terlepas dari terkabulkan atau tidak doa tersebut. Nah, itulah informasi mangenai arti , semoga kita termasuk ke dalam orang-orang yang suka berdo'a dan semoga bermanfaat.

Refrensi:
https://tafsirweb.com/693-surat-al-baqarah-ayat-186.html
https://bersamadakwah.net/keutamaan-berdoa-kepada-allah/

Share this :

0 Response to "Aamiin Ya Robbal Alamin Tulisan Arab dan Artinya"

Post a Comment