Gadget adalah Peranti Elektronik dengan Fungsi Praktis

Istilah untuk nama peranti elektronik dengan fungsi praktis adalah Gadget. Secara sederhana, gadget adalah suatu perangkat elektronik berukuran relatif kecil dengan fungsi praktis dalam penggunaannya. Berikut penjelasan lebih detail mengenai gadget beserta fungsi, manfaat, dan dampak negatif dari gadget.

Apa itu Gadget?


Gadget berasal dari istilah bahasa Inggris yang artinya perangkat elekronik kecil yang memiliki fungsi khusus dan praktis. Sednagkan dalam bahasa Indonesia, gadget biasa disebut dengan "acang". Salah satu hal yang membedakan antara gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah terdapat unsur "kebaharuan".

Definisi gadget lainnya adalah suatu benda elektronik berukuran kecil yang bisa dibawa kemana-mana dengan mudah dan praktis. Gadget hadir untuk memudahkan aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Seperti halnya dengan berbelanja online yang bisa dilakukan dengan gadget tanpa harus pergi ke toko.

Fungsi Gadget

Karena gadget merupakan sebuah peranti elektronik dengan fungsi praktis, maka tentunya fungsi gadget cukup banyak sekali, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sebagai media komunikasi. Fungsi gadget yang paling umum adalah sebagai media komunikasi, dimana setiap orang bisa terhubung satu sama lain melakukan komunikasi, baik hanya dengan chat, suara (voice), ataupun face to face dengan video vall.

2. Sebagai media mengakses informasi. Fungsi gadget selanjutnya adalah sebagai media paling mudah untuk mengakses informasi, dimana informasi dari seluruh dunia bisa didapat hanya dari gadget. Dengan demikian, gadget juga memiliki fungsi lain sebagai penambah wawasan.

3. Sebagai media hiburan. Salah satu fungsi yang mungkin paling disukai oleh orang banyak adalah gadget menjadi media hiburan terbaik dan bisa dibawa kemana-kemana. Dari layar kecil gadget kita bisa mengakses hiburan dari beberapa situs streaming, contohnya seperti youtube ataupun netflix.

Dampak Negatif Gadget

Walaupun gadget memiliki segudang manfaat bagi kehidupan manusia, namun pada kenyatannya gadget juga memiliki sisi negatif. Diantaranya adalah membuat pengguna gadget menjadi malas, terutama untuk anak-anak yang sudah kecanduan gadget. Karena memang gadget memiliki hal menarik di dalamnya yang tidak didapat di dunia nyata.

Selain itu, gadget bisa mengganggu waktu beharga bersama keluarga, teman atau sahabat. Namun di sisi positifnya, gadget bisa membuat kita semakin cerdas secara bertahap. Sekian informasi yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Gadget adalah Peranti Elektronik dengan Fungsi Praktis"

Post a Comment