Iguana adalah Kadal Berukuran Besar yang Hidup di Amerika

Nama kadal berukuran besar yang hidup di amerika adalah Iguana. Iguana merupakan salah satu jenis reptil dalam marga kadal yang hidup di daerah Tropis Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia.

Keluarga Kadal jenis ini pertama kali dideskripsikan oleh seorang ahli hewan bernama Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768 berkebangs aan Austria. Hingga saat ini, genus Iguana di dunia hanya terdiri dari dua spesies, yaitu Iguana Hijau dan juga Iguana Antilles Kecil.

Ciri-Ciri Iguana

Nama "Iguana" sendiri berasal dari bahasa Taino yaitu "iwana" yang berarti kadal-kadal". Taino sendiri merupakan salah satu suku asli Amerika. Iguana secara umum memiliki panjang antara 1.5 meter hingga 1.8 meter, termasuk panjang ekor.


Ciri khusus dari hewan Iguana adalah memiliki jambul (seperti ayam jantan) dan sebagian ada yang diatas kepala memanjang hingga ke ekor. Selain itu jambul juga ada yang berada di bawah rahang seperti jengger ayam.

Iguana juga memiliki sebuah organ tubuh mirip mata dibagian atas kepalanya. Organ tersebut memiliki fungsi menganalisis cahaya disekitar Iguana. Sedangkan untuk warna tubuh, Iguana memiliki warna yang bervariasi, mulai dari kecoklatan, hijau terang, hijau kekuning-kuningan, keadu-abuan atapun coklat karamel.

Iguana menjadi salah satu hewan yang cukup baik dalam beradaptasi, bisa sebagai kadal pohon ataupun kadal pemakan tumbuhan (herbivora). Walaupun begitu, iguana tetap memerlukan nutrisi hewan seperti dengan memakan serangga kecil yang ada di tumbuhan yang mereka makan.

Jenis Iguana

Iguana sebenarnya memiliki banyak sekali macamn, diantaranya iguana hijau, iguana albino, iguana laut, iguana biru, ataupun iguana merah. Namun di dunia Ini Iguana hanya terdiri dari dua spesies saja, yaitu iguana hijau (Iguana iguana) dan Iguana Lesser atau iguana Antilles Kecil (Iguana delicatissima).

1. Iguana Hijau

Iguana hijau (Iguana iguana) adalah Iguana bewarna hijau yang dikenal secara umum sebagai iguana Amerika. Selain bewarna hijau, iguana hijau juga menjadi spesies kadal besar dan sebagian besar pemakanan tumbuhan (herbivora). Iguana hijau banyak ditemukan di negara Brasil bagian Selatan, Paraguay, Meksiko, dan Kepulauan Karibia.

2. Iguana Lesser

Iguana Lesser atau Iguana antilles kecil adalah jenis iguana arboreal besar yang endemik Kepulauan Lesser Antilles. Iguana jenis ini merupakan salah satu kadal besar dari genus iguana. Akibat kehancuran habitat, banyak diburu serta akibat adanya predator Iguana ini banyak dibudidayakan dan dikembangbiakan.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai reptile iguana, yaitu jenis kadal berukuran besar yang hidup di Amerika. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai iguana dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Iguana adalah Kadal Berukuran Besar yang Hidup di Amerika"

Post a Comment