Isi Tri Bhakti PMR (Palang Merah Remaja)

PMR adalah singkatan dari Palang Merah Remaja, yaitu salah satu program ekstra kurikuler di sekolah yang menjadi wadah atau tempat untuk kegiatan siswa di sekolah atau lembaga pendidikan normal  dalam hal kepalangmerahan.

Apa itu Palang Merah Remaja (PMR)


Palang Merah Remaja atau biasa disingkat PMR adalah sebuah wadah yang menampung dan mengembangkan para anggota remaja PMI yang selanjutnya disebut dengan PMR. Palang Merah Indonesia (PMI) terdapat di setiap kota dan kabupaten di seluruh Indonesia dengan total keseluruhan anggota lebih dari 5 juta orang.

Palang Merah Indonesia (PMR) umumnya adalah salah satu ekstrakulikuler di sekolah-sekolah yang menangani segala kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan di sekolah. Para anggota PMR pada dasarnya merupakan kekuatan dari PMI dalam melaksanakan kegiatan di bidang kesehatan dan siaga bencana di sekolah-sekolah.

Selain itu, Palang Merah Indonesia juga menjadi wadah untuk mempromosikan prinsip-prinsip dasar dari Palang Merah dan juga bulan sabit merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI oleh para remaja.

Tujuan PMR

Palang Merah Remaja (PMR) merupakan suatu organisasi atau kegiatan ekstra kulikuler yang dibina oleh Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah maupun di kelompok masyarakat seperti kelompok belajar, sanggar dan lain sebagainya.

Tujuan dari Palang Merah Remaja adalah untuk membangun karakter Kepalangmerahan pada remaja yang nantinya siap menjadi Relawan PMI di pasa depan. Oleh karena itulah, PMR memiliki Tri Bhakti. Apa itu Tri Bhakti PMR? Berikut isinya.

Tri Bhakti PMR

Keterlibatan para anggota PMR dalam segala kegiatan kepalangmerahan menjadi bukti nyata bahwa telah mengikuti segala aktivitas dan pengakuan terhadap keberadaan dan kompetensi dalam meningkatkan mutu kualitas anggota dan juga organisasi, serta menjadi jabawan dari berbagai minat bergabungnya remaja tersebut dengan PMI (Palang Merah Indonesia).

Adapun isi dari Tri Bhakti PMR adalah sebagai berikut.
  1. Meningkatkan keterampilan hidup sehat.
  2. Berkarya dan berbakti di masyarakat.
  3. Mempererat persahabatan nasional dan internasional.

Jumbara PMR

Selain Tri Bhakti PMR, Palang Merah Remaja juga memiliki Jumbara PMR. Apa itu Jumbara PMR? Jumbara merupakan singkatan dari Jumpa Bhakti Gembira PMR, yaitu salah satu kegiatan terbesar dari PMI yang dilakukan pada setiap tingkatan dalam hal pembinaan dan pengembangan PMR, seperti kegiatan Jambore pada organisasi  Pramuka.

Jumbara pada umumnya diadakan dalam setiap tingkatan PMI, yaitu Jumbara di tingkat kecamatan, kabupaten atau kota, provinsi dan Nasional. Pelaksanaan Jumbara PMR umumnya dilakukan sesuai dengan kemampuan PMI di wilayah bersangkutan.

Nah, itulah isi dari Tri Bhakti PMR beserta jumbara PMR. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai PMR dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Isi Tri Bhakti PMR (Palang Merah Remaja)"

Post a Comment