Mabruk Alfa Mabruk Artinya dan Tulisan Arab

Mabruk alfa mabruk artinya apa? Dalam kehidupan sehari-hari terutama di Indonesia yang mayoritas beragama Islam, pastinya sering ditemui sebuah kata atau kalimat yang berasal dari bahasa Arab. Banyak kata yang diambil dari bahasa Arab yang biasanya digunakan dalam percakapan di kehidupan sehari-hari.

Umumnya kalimat atau kata yang diambil dari bahasa Arab yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari memiliki arti atau makna yang sangat bagus, dan bahkan bisa dikatakan sebagai do'a. Salah satu contohnya adalah kalimat "Lafadz La Yukallifullahu Nafsan Illa Wus'aha" yang dalam bahasa Arab memiliki arti Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.

Sebenarnya sangat banyak sekali kalimat indah dalam bahasa Arab yang bisa dijadikan pengganti percakapan, salah satunya yang akan kita bahasa kali ini yaitu "Mabruk Alfa Mabruk" yang jarang diketahui oleh banyak orang, terutama arti dan maknanya.

Mabruk Alfa Mabruk Artinya?


Kalimat Mabruk alfa mabruk merupakan sebuah kalimat yang umumnya diucapkan kepada seseorang yang mendapati hari kelahirannya atau orang yang sedang ulang tahun. Dengan kata lain kalimat ini seperti ucapan ulang tahun atau happy birthday yang umumnya diucapkan ketika ada orang yang sedang ulang tahun.
Mabruk = Berkah atau semoga berkah.
Alfa = Seribu
Alfa Mabruk = Seribu keberkahan
Secara bahasa, kata mabruk artinya berkah atau semoga berkah, sedangkan alfa artinya seribu. Jadi jika digabungkan, mabruk alfa mabruk artinya berkah beribu berkah, atau jika ditujukan kepada orang artinya bisa menjadi "semoga diberkahi dengan ribuan berkah".

Sedangkan, makna dari kalimat ucapan Mabruk alfa mabruk adalah orang yang sedang berulang tahun tersebut di do'akan supaya sisa usianya yang semakin dewasa diberikan keberkahan dari Allah Swt. Kalimat ini hampir sama dengan Barakallahu Fiik yang artinya semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu, yang juga merupakan kalimat ucapan ulang tahun.

Mabruk Alfa Mabruk Lirik

Kalimat mabruk alfa mabruk juga menjadi lirik dari sebuah lagu yang biasanya digunakan dalam Qasidah, terutama dalam acara ulang tahun. Beirkut liriknya.
Lirik Qasidah Ulang Tahun – Mabruk Alfa Mabruk

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk
Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk

Selamat hari milad
Semoga dapat rahmat
Dari Allahu Ahad
Hingga hidup selamat

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk
Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk

Selamat ulang tahun
Semoga berkah turun
Dari Allah Pengampun
Sehingga hidup rukun
Qasidah mabruk alfa mabruk juga sering dibawakan pada acara sholawatan di berabagai daerah. Qasidah ulang tahun ini menjadi solusi bagi para pemuda untuk merayakan ulang tahun dengan hal yang baik. Kalimat tersebut secara lengkap juga biasa diucapkan Mabruk alfa mabruk ‘alaika mabruk.

Nah, itulah arti mabruk alfa mabruk yang dapat saya bagikan untuk Anda, beserta lirik lagu Qasidah mabruk alfa mabruk. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Mabruk Alfa Mabruk Artinya dan Tulisan Arab"

Post a Comment