Negara di Sebelah Selatan Belarusia TTS

Nama negara yang berada di sebelah selatan negara Belarusia adalah UKRAINA. Ukraina merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Eropa bagian Timur. Selain berbatasan dengan negara Belarus di sebelah barat-laut. Ukraina juga berbatasan dengan Rusia dibagian timur, Polandia dan Slowakia di barat, laut hitam di bagan selatan, Honggaria, Moldova, dan Rumania di barat-daya, dan Laut Azov di bagian tenggara.

Ukraina merupakan sebuah negara yang memiliki luas 603.628 km² dan membuatnya menjadi negara terluas di Eropa  dan terluas ke-46 di dunia. Berdasarkan jumlah penduduk, Ukraina memiliki populasi penduduk 44,5 juta jiwa dan hal tersebut menjadikan negara Ukraina berpenduduk terbanyak ke-32 di dunia.


Geografi Negara Ukraina

Berdasarkan geografinya, negara Ukraina sebagian besar merupakan daerah aliran sungai Dnieper yang merupakan sungai terpanjang nomor 3 di Eripa setelah sungai Volga dan juga Donau. Sungai Dnieper dikatakan panjang karena aliran sungainya mencakup wilayah seluas 518.000 km2.

Selain itu, lebih dari 20.000 danau kecil yang tersebar di negara Ukraina dan jika di total luasnya bisa mencapai 18.139 km2. Sebagian luas wilayah perairan Ukraina, tepatnya di Semenanjung Krimea hilang di tahun 2014 akibat dicaplok oleh Rusia dan kalah dalam perebutan.

Sedangkan untuk garis pantainya, negara Ukraina dengan luas 603.628 kilometer persegi memiliki garis pantai sepanjang 2.782 kilometer. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa Ukraina merupakan negara terluas ke-46 di dunia dan menjadi negara terluas kedua di Eropa setelah Rusia (bagian Eropa).

Berdasarkan letak astromisnya, Negara Ukraina berada di antara garis lintang dan garis bujur: 44° LU dan 53° LU, dan 22° BT dan 41° BT.

Komoditas Negara Ukraina

Ukraina sudah sejak dulu dikenal sebagai begara pusat cadangan pangan dunia, karena negara Ukraina memiliki lahan pertanian yang luas dan subur, dan Ukraina hingga sekarang masih menjadi salah satu pengekspor biji-bijian di dunia.

Sumber daya alam di negara Ukraina juga sangat melimpah, seperti biji besi, batu-bara, gas alam, mangan, garam, minyak bumi, titanium, belerang, nikel, kayu, raksa, dan tanaman yang layak tanam lainnya. Walaupun begitu, negara ini juga pernah menghadapi isu besar tentang kekurangan air layak minum, penggundulan hutan, serta pencemaran air dan udara.

Nah, itulah informasi singkat mengenai negara Ukraina, yaitu negara di sebelah selatan Belarusia dalam pertanyaan Teka Teki Silang (TTS). Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai penjelasan jawaban TTS dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Negara di Sebelah Selatan Belarusia TTS"

Post a Comment