Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Tulisan Arab

Dalam agama Islam, setiap muslim disunnahkan untuk memberi salam kepada muslim lainnya ketika bertemu, bertamu, ataupun ketika hendak pergi. Karena kalimat salam "Assalamualaikum" memiliki arti semoga keselamatan terlimpah untukmu.

Dengan kata lain, memberi salam sama halnya dengan kita mendo'akan sesama muslim dengan kebaikan berupa keselamatan dunia dan akhirat, rahmat, serta segala bentuk keberkahan dari Allah Swt. Dengan salam kita bisa mempererat persatuan persaudaraan antara sesama muslim.

Kalimat salam umumnya di ucapkan dibeberapa tempat dan situasi, contohnya ketika bertemu dengan sesama muslim yang dikenal maupun tidak dikenal, dan diucapkan ketika memasuki rumah, masjid, dan lain sebagainya.

Selain itu, salam juga sering diucapkan oleh seorang muslim ketika hendak pergi meninggalkan sanak keluarga, teman, hingga di instansi tertentu seperti sekolah.

Hukum Mengucapkan Salam

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa mengucapkan salam hukumnya adalah sunnah. Jadi, siapa yang melakukannya akan mendapat pahala dan apabila tidak dilakukan tidak berdosa.

Sedangkan hukum bagi yang mendengar salam adalah wajib untuk menjawabnya. Dalam beberapa hadits menyebutkan bahwa dianjurkan untuk yang muda memberi salam kepada yang tua, saat lewat pada orang yang sedang duduk, dan kepada orang banyak

Maka dari itu, sebagai seorang muslim jangan takut untuk memberi salam kepada muslim lainnya, karena selain akan mempererat persaudarana juga akan mendapatkan pahala.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam agama Islam, salam secara lengkap diucapkan dengan "assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh" yang artinya semoga Allah Melimpahkan keselamatan, Rahmat dan Keberkahan untukmu. atau Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah padamu/kalian.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Dengan mengucapkan salam, kita sedang mendo'akan orang lain untuk memperoleh kebaikan dan keselamatan, baik di dunia maupun di akhirat. Salam juga menjadi bentuk keberserahan diri manusia kepada Allah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu yang terjadi di dunia dan alam semesta ini.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Sedangkan menjawab salam dalam islam hukumnya adalah wajib untuk menjawab selama tidak ada udzur. Secara lengkap menjawab salam adalah Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, yang artinya Dan Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah juga kepada kalian.

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Dalam syariat Islam, telah diatur sedemikian rupa bagaimana cara membalas penghormatan yang diberikan oleh seseorang, contohnya penghormatan berupa salam. ketika kita menerima penghormatan berupa salam, maka kita wajib membalas penghormatan tersebut.

Nah, itulah tulisan arab mengenai Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, yaitu jawaban dari Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai salam dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Tulisan Arab "

Post a Comment