Al-Azim artinya (Yang Maha Agung) Asmaul Husna

Al-Azim artinya adalah? Al-Aziz merupakan salah satu nama yang terdapat dalam Asmaul Husna. Asmaul husna adalah nama-nama Allah Swt. yang baik, indah, mulia, dan agung sesuai dengan sifat-sifat-Nya. Asmaul husna terdiri dari dua kata yaitu "asma" yang artinya nama dan "husna" yang artinya baik atau indah. Jadi jika digabungkan, asmaul husna berarti nama-nama milik Allah Swt. yang baik dan indah.

Asmaul husna artinya nama-nama baik, indah, suci yang mengandung makna menyanjung kemuliaan sifat-sifat Allah Swt. Sifat-sifat Allah dalam asmaul husna tidak bisa disamai oleh sifat-sifat mulia yang dimiliki oleh manusia. Karena sifat manusia hanyalah sementara dan terbatas, sedangkan sifat-sifat mulia yang dimiliki oleh Allah bersifat abadi dan tidak mengenai batas.

Salah satu sifat atau nama Allah yang ada di dalam asmaul husna yang tidak bisa disamakan dengan sifat manusia adalah Al Azhim yang artinya Yang Maha Agung. Berikut penjelasan mengenai nama atau sifat Allah "Al-Azim".

Al-Azim Tulisan Arab dan Artinya

Al 'Azhiim (arab: الْعَظِيمُ) dalam asmaul husna artinya Yang Maha Agung. Al Azim maknanya bahwa Allah Swt. kekuasaannya tak dapat terhitung. Keagungan Allah bersifat mutlak, sedangkan keagungan manusia dalah terbatas dan bersifat sementara.


Keagungan Allah Swt. meliputi segala hal, semua waktu dan juga setiap tempat hingga manusia tak akan mampu untuk menandingiNya. Keagungan milik Allah tidak akan pernah dipengaruhi sedikit pun oleh ulah makhluk-Nya.

Seandainya saja seluruh makhluk di bumi dan langit tidak mau menyembah Allah, maka hal tersebut tidak akan mengurangi sedikit pun keagungan yang dimiliki oleh Allah Swt. Sebaliknya jika seluruh makhluk di bumi dan langit menyembah Allah Swt, maka hal tersebut juga tidak menambah keagungan milik Allah swt. Allah Maha Agung karena dzat-Nya sendiri dan bukan karena dukungan dari makhluk-Nya.

Dengan demikian, Allah Maha agung karena keagungannya berada di atas segala yang agung, bahkan segala yang agung di dunia ini merupakan anugerah, kasih dan sayang-Nya. Sifat Allah Maha Agung, karena keagunganNya tak bertepi serta tidak dapat diukur oleh apapun.

Dalil Tentang Al-Azim

Keagungan hanya milik Allah. Dia-lah yang paling berhak menyandangnya. Sedangkan kita sebagai makhluk-Nya hanya bisa menjadi agung dan mulia karena memuliakan-Nya, menjalankan syariat-Nya, dan mengagungkan syia’ar-syi’ar-Nya.

ذَٰلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ

Artinya: Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi'ar-syi'ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati. (QS. Al-hajj: 32)

Demikianlah perintah Allah. Barangsiapa mengagungkan syi´ar-syi´ar agama dan hukum Allah yaitu petunjuk, cara berhaji, masjid-masjid dan ibadah, maka sesungguhnya itu adalah rasa takut kepada Allah yang timbul dari ketakwaan hati, yang dilakukan orang-orang yang bertakwa. (Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah)

Nah, itulah pengertian atau arti Al-Azhim yang artinya Allah memiliki sifat mutlak Maha Agung beserta dalil tentang Al azhim. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai asmaul husna dan semoga bermanfaa.

Share this :

0 Response to "Al-Azim artinya (Yang Maha Agung) Asmaul Husna"

Post a Comment