Al-Fattah Artinya (Yang Maha Pembuka Kebaikan) Asmaul Husna

Al-Fattah artinya adalah? Al-Fattah merupakan salah satu nama Allah yang terdapat dalam asmaul husna. Asmaul husna adalah 99 nama yang baik dan indah milik ALlah Swt. yang terdapat di dalam Al-Qur'an. Asmaul hunsa terdiri dari dua kata, yaitu asma yang artinya nama dan husna yang artinya baik.

Mengimani semua nama dan sifat Allah "Asmaul husna" merupakan salah satu bentuk beriman kepada Allah Swt. yang merupakan salah satu Rukun Islam ke-1. Kita sebagai orang islam harus sepenuh hati berimana kepada Allah Swt., termasuk beriman kepada nama-nama Allah yang terdapat dalam Asmaul Husna yang meggambarkan kebesaran Dzat Allag Ta'ala.

Jumlah asmaul husna yang wajib diketahui terdapat 99 nama yang baik dan indah. Setiap nama dalam asmaul husna memiliki arti dan makna yang baik, salah satunya adalah Al-Fattah. Lalu apa arti dan makna Al-Fattah? Berikut informasinya.

Al-Fattah Tulisan Arab dan Artinya

Al-Fattaah (Arab: الْفَتَّاحُ) dalam asmaul husna artinya Yang Maha Pembuka Kebaikan atau Rahmat. Al-Fattah adalah Yang Maha Membuka pintu-pintu rezeki dan rahmat bagi hamba-hamba-Nya. Ada juga yang mengatakan artinya adalah Yang Maha Memberi hukum di antara hamba-Nya.


Al-Fattah berasal dari akar kata "al-fathu" yang artinya menghakimi. Oleh karena itu, Al-Fattah juga berarti menghakimi, karena Allah Swt. adalah yang menghakimi makhluk-makhkuk-Nya. Dia-lah yang memisahkan antara yang benar dan yang salah.

Maka makna al-Fattaah lainnya adalah Yang Maha Memutuskan hukum di antara hamba-hamba-Nya dengan hukum-hukum dalam syariat-Nya, dan hukum-hukum (ketetapan-ketetapan) dalam takdir-Nya,

Akan tetapi Al-Fattah memiliki makna yang lebih ke arah membuka pintu rezeki dan rahmat untuk hamba-hamba-Nya. Karena Allah subhanahu wa ta’ala bisa mempermudah urusan dan jalan-jalan yang sulit, baik urusan di dunia maupun di akhirat.

Dalil Tentang Al-Fattah

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman pada Surat Saba Ayat 26 berikut,

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِالْحَقِّ وَهُوَ الْفَتَّاحُ الْعَلِيمُ

Artinya: "Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dialah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui".

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman pada Surat Al-A’raf Ayat 89,

وَسِعَ رَبُّنَا كُلَّ شَيْءٍ عِلْمًا ۚ عَلَى اللَّهِ تَوَكَّلْنَا ۚ رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ

Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala sesuatu. Kepada Allah sajalah kami bertawakkal. Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.

Referensi:
https://tafsirweb.com/7784-surat-saba-ayat-26.html
https://tafsirweb.com/2543-surat-al-araf-ayat-89.html
https://muslim.or.id/5245-al-fattaah-maha-pembuka-kebaikan-dan-pemberi-keputusan.html

Share this :

0 Response to "Al-Fattah Artinya (Yang Maha Pembuka Kebaikan) Asmaul Husna"

Post a Comment