Al-Hakim Artinya (Yang Maha Bijaksana) Asmaul Husna

Al-Hakim Artinya? Al-Hakim merupakan salah satu nama atau sifat milik Allah Swt. yang terdapat di dalam asmaul husna. Asmaul husna. Asmaul husna terdiri dari dua kata, yaitu asma yang berarti nama dan husna yang berarti baik atau indah. Jadi, secara harfiah asmaul husna adalah nama-nama Allah yang baik dan indah sesuai dengan sifat-sifat-Nya.

Nama atau sifat Allah Swt. yang ada di dalam asmaul husna jumlahnya terdapat 99. Masing-masing dari nama tersebut memiliki arti dan makna yang baik lagi indah yang hanya dimiliki oleh Allah Allah Ta'ala. Salah satu nama di dalam asmaul husna yang memiliki arti yang sangat bagus adalah Al-Hakim.

Al-Hakim Tulisan Arab dan Artinya


Al Hakim (arab: الْحَكِيمُ) dalam asmaul husna artinya Yang Maha Bijaksana. Yang dimaksud dengan Al-Hakim adalah bahwa Allah Maha Bijaksana dalam perbuatanNya, PerkataanNya, dan TakdirNya. Maka dia meletakkan sesuatu sesuai dengan tempatnya dengan hikmah dan keadilanNya.
Kata Al-Hakim berakar dari kata "hakama" yang artinya menghalangi. Orang yang memiliki hikmah akan terhalangi untuk berbuat yang tidak bijak. Sedangkan orang yang bijak akan terjalangi dari perbuatan sia-sia.
Al-Hikmah artinya Allah Maha Bijaksana yang memiliki hikmah, menciptakan, mengatur dan menentukan sesuatu hal dengan penuh perhitungan dan juga kebijakan. Dengan hikmahNya, Allah menciptakan seluruh alam semesta ini beserta isinya tanpa sedikitpun yang sia-sia.

Dengan hikmahNya, Allah menciptakan seluruh makhlukNya dengan berbagai macam bentuk, warna, dimensi, dan kehidupan yang beragam.Dengan hikmahNya, manusia diciptakan dengan berbagai keunikan dan karakter masing-masing. Dengan hikmahNya, Allah mengutus para nabi, menurunkan kitab suci, ada yang kafir dan mukmin.

Dan dengan hikmahNya Allah menciptakan surga dan neraka. Semua tersebut berkat kesempurnaan kebijakan Allah Swt. Menurut Al-Qusyairi, kebijaksaan Allah Swt. adalah kebijaksanaan yang arah dan tujuannya tidak diketahui oleh siapa pun.

Makna Al-Hakim

Menurut Syaikh Dr. Shâlih bin Fauzân al-Fauzân (salah satu ulama besar di Saudi Arabia), menjelaskan bahwa Al-Hakim mempunyai dua makna, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Allah Swt. adalah Hakim (pembuat dan penentu hukum) bagi seluruh makhluk ciptaannya. Dan hukum Allah Swt. ada dua, yaitu hukum yang bersifat kauni (ketetapan takdir), dan hukum yang bersifat syar'i (ketetapan syariat).

Kedua, Allah Maha Bijaksana, bagus, tepat, dan menyakinkan dalam menetapkan semua hukumnya, baik itu hukum yang bersifat kauni maupun bersifat syar'i. Makna ini diambil dari kata hikmah, yang artinya meletakkan sesuatu pada tempatnya.

Dalil Tentang Al-Hakim

Al-Hakim sebagai nama Allah dalam Al-Qur'an diulang sebanyak 45 kali. Kebanyakan dirangkai dengan nama Allah Al-Aziz, Al-Alim, Al-Khabir, At-Tawwab, Al-Hamid, Al-Ali dan Al- Wâsi’ (Quraisy Syihab: 220). Al-Hakim terdapat dalam Surat Al-Hadid ayat 1 berikut.

سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya: Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Q.S. Al-hadid :1)

Al-Hakim juga terdapat dalam firman Allah Surat Fatir Ayat 2 berikut.

مَا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُ مِنْ بَعْدِهِ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya: Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Referensi dalil:
https://tafsirweb.com/10697-surat-al-hadid-ayat-1.html
https://tafsirweb.com/7868-surat-fatir-ayat-2.html

Share this :

0 Response to "Al-Hakim Artinya (Yang Maha Bijaksana) Asmaul Husna"

Post a Comment