Al-Hayyu Artinya (Yang Maha Hidup) Asmaul Husna

Al Hayyu artinya adalah? Al-Hayyu merupakan salah satu nama atau sifat Allah Swt. yang terdapat di dalam asmaul husna. Asmaul husna terdiri dari dua kata yaitu "asma" yang artinya nama dan "husna" yang artinya baik atau indah. Jadi secara harfiah, asmaul husna adalah nama-nama milik Allah Swt. yang baik lagi indah.

Asmaul husna merupakan nama-nama indah ALlah Swt. yang mencerminkan sifat-sifat agung-Nya. Mengenai jumlah Asmaul husna, para ulama memiliki endapat yang berbeda-beda. Ada yang berpendapat bahwa jumlahnya ribuan, ada yang ratusan, dan ada yang hanya puluhan saja. Namun pendapat terkuat mengatakan hanya ada 99 nama saja yang wajib diketahui.

99 nama atau sifat Allah yang ada di dalam asmaul husna semuanya memiliki arti dan makna yang sangat baik serta indah. Sala satu nama yang akan kita bahasa kali ini adalah Al-Hayyu. Berikut arti asmaul husna "Al-Hayyu" beserta dalilnya.

Al-Hayyu Tulisan Arab dan Artinya


Al-Hayyu (arab: الْحَيُّ) dalam asmaul husna artinya adalah Yang Maha Hidup, Maha Kekal, Maka Abadi, tidak mati, tidak mengantuk, dan tidak tidur. Oleh karena itu Allah Swt. tidak sama dengan hidup makhluk ciptaan-Nya, karena hidupnya makhluk dengan nyawa, terbatas, berjisim dan sebagainya.
Kata Al-Hayyu berakar dari kata hayya-yahya-yahaiyyu, yang berarti hidup. Al-Hayyu galibnya diterjemahkan dengan "Maha Hidup" dan "Maha Abadi".
Allah Al-Hayyu, artinya Allah yang Maha Hidup, Kekal, dan Abadi. Dia hidup dengan kesempurnaan dalam Dzat-Nya, sifat-Nya, nama-nama-Nya dan Perbuatan-Nya. Dia-lah yang memiliki kehidupan secara mutlak, tidak bergantung pada siapa pun dan tidak dibatasi apapun, sebagaimana kehidupan makhluk-Nya. Dia-lah segala kehidupan yang hidup di alam semesta ini, semua kehidupan makhluk-Nya tergantung kepada-Nya.

Makna Al-Hayyu

Sa'id bin 'Ali bin Wahf Al-Qahthani berkata bahwa maksud dari al-hayyu adalah hidup yang sempurna. Di dalam sifat al-hayyu terdapat sifat dzatiyah bagi Allah yaitu al-'ilmu (ilmu), al' izzah (mulia), al-qudrah (kemampuan), al-iradah (keinginan), al-‘azhamah (mulia), al-kibriya' (maha tinggi) dan sifat-sifat dzatiyah yang sangat suci (sakral) lainnya.

Al-Hayyu melazimkan adanya seluruh sifat kamal (kesempurnaan bagi Allah Swt.) yaitu Sifat pendengaran, penglihatan, ilmu, kemampuan, kemuliaan, rahmat, kehendak, ada pada nama Al-Hayyu (Maha Hidup). Dengan menimani "Al-Hayyu" akan membuat hamba memurnikan atau mengikslaskan ibadah hanya kepada Allah Swt. dan tidak berbuat syirik pada-Nya.

Dalil Tentang Al-Hayyu

Dalil mengenai Al-Hayyu terdapat dalam firman Allah Surat Al-Baqarah Ayat 255 berikut.

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Referensi:
https://tafsirweb.com/1021-surat-al-baqarah-ayat-255.html
https://rumaysho.com/11777-merenungkan-nama-allah-al-hayyu-al-qayyum.html

Share this :

0 Response to "Al-Hayyu Artinya (Yang Maha Hidup) Asmaul Husna"

Post a Comment